Dark/Light Mode

Di Forum MIKTA, BPK Ungkap Pentingnya Platform Global

Kamis, 9 Mei 2024 13:17 WIB
Di Forum MIKTA, BPK Ungkap Pentingnya Platform Global

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), Hendra Susanto, menegaskan pentingnya platform yang jelas bagi badan pemeriksa atau Supreme Audit Institutions (SAI) dalam menangani isu global.

Hal ini disampaikan Hendra dalam pertemuan perdana SAI negara anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia) yang berlangsung di Seoul, Korea dari 7 hingga 9 Mei 2024.

"Platform ini akan menjadi pondasi untuk memberikan peran yang jelas dan kontribusi SAI negara anggota MIKTA kepada komunitas MIKTA dan komunitas terkait lainnya," kata Hendra dalam keterangan tertulis Kamis (9/5/2024).

Baca juga : Hadapi Isu Global, BPK Singgung Pentingnya Platform Bersama

Pertemuan ini membahas dua topik utama, yaitu kesiapan SAI dalam menghadapi risiko masa depan dan arah serta tantangan inovasi SAI. Diskusi melibatkan narasumber dan ahli dari berbagai bidang, termasuk Dr. Hyunjin Choi, profesor dari Kyunghaee University, Soonmin Bae, PhD, Head of AI2XL Research Institute, dan Dr. Taeyong Jung dari Yonsei University, yang membahas peran MIKTA, tantangan global, kecerdasan buatan, dan perubahan iklim.

Ketua Board of Audit and Inspection (BAI) Korea, Jaehae Choe, juga menyatakan apresiasi atas dukungan pembentukan MIKTA SAIs dan berharap pertemuan dapat mempererat solidaritas antar anggota dalam menghadapi tantangan global.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan badan pemeriksa dari Indonesia, Korea, Turki, dan Australia, serta membahas peran pertemuan SAI MIKTA dan langkah-langkah ke depan. Pertemuan ini diharapkan meningkatkan kapasitas BPK, khususnya dalam kesiapan menghadapi risiko masa depan dan pengembangan inovasi, serta penguatan dukungan dan kerja sama internasional.

Baca juga : Berikan Kuliah Politik Hukum S3, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Pembenahan Parpol

Hasil dari pembahasan ini akan dibawa ke pertemuan Pimpinan SAI negara-negara MIKTA selanjutnya, termasuk dalam pertemuan Pimpinan SAIs Negara-Negara G20 pada SAI20 Summit, yang akan berlangsung pada 15-18 Juni 2024 di Brazil.

Forum kerja sama MIKTA pertama kali diinisiasi pada pertemuan informal Menteri Luar Negeri G20 di Los Cabos, Meksiko, pada Februari 2012. Sejak didirikan pada 2013, MIKTA telah berperan sebagai 'consensus maker' dan 'bridge builder' antara negara-negara berkembang dan maju.

Selain itu, Wakil Ketua BPK Hendra Susanto juga melakukan pertemuan bilateral dengan Chair of BAI Commissioner untuk penguatan kapasitas pemeriksaan antar kedua badan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.