Dark/Light Mode

Rakernas ke-4, HIPDI Tekankan Pentingnya Kolaborasi dan Inovasi Bisnis

Jumat, 1 Maret 2024 20:17 WIB
DPC dan DPD HIPDI berfoto bersama di sela Rakernas ke-4 (Foto: Istimewa)
DPC dan DPD HIPDI berfoto bersama di sela Rakernas ke-4 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Pengusaha Dokumentasi Indonesia (HIPDI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4, di The Balai Sarwono, Jakarta, 27-28 Februari 2024. Mengangkat tema "The Game Changer", Rakernas tersebut menjadi panggung bagi Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) HIPDI dari 15 provinsi dan kota merumuskan program kerja tahun ini sekaligus melaporkan pencapaian program kerja tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum HIPDI Suprafto didampingi Sekjen Indro Kencana dan Bendahara Umum Eppstian Syah As'ari alias Yan-yan Makoto, mengungkapkan pentingnya pengembangan anggota, edukasi, kolaborasi, dan regulasi untuk mendukung pertumbuhan industri dokumentasi.

“Industri dokumentasi di Tanah Air terus mengalami perkembangan baik itu dokumentasi pernikahan, dokumentasi pemerintah, dokumentasi pariwisata, maupun dokumentasi lainnya. Karena itu, pelaku bisnis dokumentasi harus memiliki dan menerapkan inovasi bisnis sesuai perkembangan pasar,” kata Suprafto, seperti dalam siaran keterangan yang diterima redaksi, Jumat (1/3).

Baca juga : Rehabilitasi Hutan Mangrove, Luhut Tekankan Peran Masyarakat Pesisir

Dengan semangat kolaborasi, ia juga menekankan bahwa HIPDI telah mengembangkan jangkauan internasional melalui HIPDI Worldwide dengan koordinator yang berbasis di Vienna (Wina). Sebagai langkah nyata dari ekspansi internasional tersebut, HIPDI telah menjadwalkan workshop fotografi di Wina, Austria.

Ketua Harian DPP HIPDI Adji Mix menambahkan, HIPDI harus terus berkolaborasi dengan keberlanjutan, menuju HIPDI yang tangguh dan adaptif.

Selain membahas rencana kerja tahun 2024, Rakerna juga diisi dengan beragam kegiatan yang menarik, termasuk workshop, hunting foto, dan diskusi nasional yang terbuka untuk umum, khususnya para penggiat dokumentasi, fotografi, dan videografi. Tujuannya, untuk menginspirasi para pelaku industri untuk melakukan perubahan positif dalam bidang mereka masing-masing.

Baca juga : IPA Convex 2024, Dukung Peningkatan Investasi Migas Indonesia

Berbagai narasumber terkemuka di bidangnya turut serta dalam acara ini, termasuk Donni Hanafi (CEO Bridestory) yang menyampaikan materi terkait pembelajaran bisnis, Praditya Kusuma (Kerut Wajah Creative) memberikan tips dan trik dalam videografi, serta Gary Evan (All Season Photo) dan Aldyanza Yusuf (Imagenic) membahas tren dan teknik fotografi terkini. Selain itu, Ghina (Prolog Design) berkesempatan membagikan insight tentang styling foto yang sedang tren.

Diskusi seru dan hunting foto juga menjadi bagian tak terpisahkan dari acara ini, dengan kehadiran beberapa nama terkemuka dalam industri fotografi seperti Darwis Triadi, Toto Maximus (Maximus Pictures), Indro Kencana (Studio Kencana), Alvin Fauzi (Alvin Photography), Gusde (Gusde Photography), dan Gofar (Farall Jibrill).

Yan-yan Makoto (Makotomoto), Arif (Antzcreator), dan Panjulisme (Kata Kita Photo) berhasil memandu rangkaian acara Rakernas dengan apik dan ceria hingga seluruh rangkaian acara Rakernas berakhir sukses.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.