Dark/Light Mode

Lawatan Di RD, Dubes RI Tavarez Kunjungi Mesjid Tertua Di Rusia

Sabtu, 11 Mei 2024 11:05 WIB
Dubes RI Untuk Rusia, Jose Antonio Morato Tavarez  di muka Juma Mosque di kota  Derbent RD.
Dubes RI Untuk Rusia, Jose Antonio Morato Tavarez di muka Juma Mosque di kota Derbent RD.

RM.id  Rakyat Merdeka - Memanfaatkan lawatan kerjanya selama 4 hari di Republilk Dagestan (RD), Dubes RI Untuk Rusia, Jose Antonio Morato Tavarez didampingi Walikota Derbent, Rustambek Sedetdinovich Pirmagomedov mengunjungi sentra budaya, pariwisata dan ekonomi RD di kota Derbent, 127 km dari ibu kota RD, Makhachkala. 

Di kota yang bersejarah ini, Dubes Tavarez meninjau masjid tertua di Rusia, yaitu  ‘Juma Mosque yang dibangun pada tahun 737.

Baca juga : Menlu RI dan Papua Nugini Kunjungi SD Wutung Yang Direnov Indonesia

Selain itu, Dubes Tavarez juga menapakkan kakiknya di benteng Persia ‘Naryn-kala’ yang dibangun pada abad IV yang masuk daftar Warisan Budaya UNESCO. Kemudian, Tavarez memanfaatkan lawatannya ke pemakaman Kirkhlyar, di mana 40 martir sahabat Nabi Muhammad SAW di bawah komando Salman Ibn-Rabia Al-Bahili yang menyebarkan agama Islam di Kaukasus Utara, yang dikebumikan pada tahun 650 Masehi. 

Walikota Derbent, Rustambek Sedetdinovich Pirmagomedov mengatakan, berbagai tempat tersebut wajib dikunjungi pelancong ataupun peziarah di Derbent. 

Baca juga : Windstar Cruises Gelar Kompetisi Kuliner untuk Jaring Chef Terbaik di Indonesia

“Derbent dikunjungi 430.000 turis pada tahun 2023, atau peningkatan 2,5 kali lipat dibandingkan periode pandemi Covid-19 tahun 2020-2021. Karena itu, semakin banyak hotel dibangun dan ecotourism meningkat pesat,” ujar Walikota Derbent, Rustambek Sedetdinovich Pirmagomedov kepada Dubes RI. 

Derbent merupakan 1 dari 5 kota kuno di dunia yang masih berdiri, di mana 3 agama besar (Judaisme, Kristen, Islam) bersua di Kaukasus Utara. 

Baca juga : Rayakan HUT Ke-35, BRI Insurance Usung Tema Melesat Dahsyat

Pada tahun 2003, UNESCO menetapkan bagian kuno kota Derbent sebagai World Heritage Site dan tahun 2006 pada acara UNESCO Prize ceremony, Derbent diberikan 
‘Honorary Diploma 2006’ sebagai kota paling toleran di dunia. Pada tahun 2015 Derbent genap berusia 2.000 tahun. 

Dalam perjalanan kembali ke Makhachkala, Dubes RI dan rombongan singgah ke pabrik wine-cognac ‘Izberbashky’ yang menjadi salah satu industri andalan kota Izberbash.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.