Dark/Light Mode

Laga Persahabatan

Argentina Vs El Savador, Uji Mesin Tanpa Messi

Kamis, 21 Maret 2024 09:59 WIB
Lionel Messi. (Foto : ist)
Lionel Messi. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Argentina akan menjamu timnas dari Amerika Tengah, El Salvador asuhan David Doniga, dalam duel uji coba atau international friendly, di Stadion Lincoln Financial, Amerika Serikat, Sabtu (23/3/2024), pukul 07.00 WIB. Duel ini disiarkan langsung di Tonyang Broadcasting Company (TBC).

Di jeda internasional kali ini, Argentina tak kan diperkuat sang kapten Lionel Messi. Dia sebenarnya sudah masuk skuad, tapi akhirnya dicoret karenacedera saat memperkuat klubnya, Inter Miami.

Timnas Argentina yang berjuluk Albicelestes atau Si Putih dan Biru Langit, bertemu El Salvador terakhir pada Maret 2015, juga di laga uji coba.

Waktu itu, Argentina menang 2-0 berkat bunuh diri Nestor Renderos menit ke-54 dan gol Federico Mancuello menit ke-88.

Waktu itu, Argentina dilatih Gerardo Martino. Sekarang, dia melatih Lionel Messi di Inter Miami.

Pertandingan terakhir Argentina di pentas resmi saat melawan tuan rumah Brazil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona CONMEBOL. Kala itu, Argentina menang 1-0 melalui gol semata wayang Nicolas Otamendi.

Melawan El Salvador, yang tanpa kemenangan dalam 19 laga terakhir, Argentina dinilai masih punya cukup amunisi untuk meraih hasil memuaskan meski tak diperkuat kapten mereka.

Pertemuan kedua tim sebagai bagian dari pemanasan menjelang penampilan di ajang Copa Amerika bulan Juni 2024 mendatang.

Timnas Argentina jelas sangat diunggulkan dengan statusnya sebagai peringkat satu dunia usai juara Piala Dunia 2022.

La Albiceleste menghadapi pertandingan ini dengan hanya mengalami satu kekalahan dalam 16 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi, termasuk kesuksesan mereka di Piala Dunia 2022 dan, yang terbaru, kemenangan 1-0 atas rival mereka Brazil di kualifikasi Piala Dunia.

Baca juga : Laga Persahabatan, Timnas U-20 Siap Hadapi Wakil Tiongkok

Adapun El Salvador, mereka tidak pernah menang dalam 17 pertandingan terakhirnya sejak Juni 2022, bahkan gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhirnya.

Penyerang Inter Miami, Lionel Messi, resmi absen dari pertandingan persahabatan Timnas Argentina melawan El Salvador dan Kosta Rika di Amerika Serikat akibat cedera hamstring.

Messi mengalami cedera hamstring akibat robekan maupun tegangan berlebih pada otot yang terletak di belakang paha.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) merilis pernyataan terkait cedera hamstring yang dialami oleh Messi.

Cedera hamstring tersebut dialami Messi usai melawan Nashville di Piala Championship CONCACAF di Geodis Park Stadium, Amerika Serikat.

“Kapten Argentina Lionel Messi tidak akan masuk skuad untuk pertandingan persahabatan di AS karena cedera hamstring kanan ringan yang dideritanya dalam pertandingan Inter Miami melawan Nashville,” tulis AFA dalam unggahan di akun Twitter.

Argentina menang empat kali dan kalah satu kali dalam lima pertandingan terakhir. Dari dua pertemuan sebelumnya, Argentina tak pernah kebobolan, namun selalu berhasil mencetak dua gol di setiap laga. Rekor seperti itu membuat sang juara dunia lebih memilih untuk menang.

Selain cedera Lionel Messi, Scaloni juga harus menghadapi masalah kebugaran kedua pemainnya Paulo Dybala dan Lisandro Martinez.

Kabar baik bagi pemain Brighton, Valentin Barco yang baru saja mendapat panggilan tim nasional pertamanya sementara Facundo Buonanotte mendapat panggilan kedua setelah pertandingan persahabatan melawan Timnas Indonesia pada bulan Juni.

Pelatih Timnas El Salvador, David Doniga, tidak terganggu dengan kabar cedera Messi. Ia menyatakan bahwa satu-satunya niatnya dalam pertandingan ini adalah memenangkan pertandingan, baik Messi bermain atau tidak.

Baca juga : Fitch Pertahankan Peringkat Indonesia, Ini Tanggapan Bos BI

Meski demikian, Doniga mengakui lawannya memiliki beberapa nama tenar di antaranya Enzo Fernandez, Alexis McAllister, Nicolas Otamendi, dan kiper Emiliano Martinez.

“Saya ingin mengalahkan Argentina karena saya ingin mengalahkan semua orang. Saya tidak tahu bagaimana mempersiapkan tim untuk hal lain,” kata Pelatih Timnas El Salvador, David Doniga kepada DSPORTS.

Lionel Messi memang dipastikan absen membela Argentina di dua laga persahabatan selama jeda internasional karena cedera hamstring.

Kapten Albiceleste itu tidak akan bermain untuk Argentina melawan El Salvador pada Sabtu (23/3/2024) dan Kosta Rika pada Rabu (27/3/2024).

“Kapten Argentina Lionel Messi, tidak akan bisa masuk skuad untuk pertandingan persahabatan di AS karena cedera ringan pada hamstring kaki kanan yang dideritanya dalam pertandingan Inter Miami melawan Nashville SC,” demikian pernyataan Argentina yang dikutip Daily Mail.

Pemenang delapan Ballon d’Or itu juga telah absen dalam dua pertandingan terakhir untuk klubnya (Inter Miami), dan saat ini sedang menjalani rehabilitasi di South Beach.

Pelatih Inter Miami, Tata Martino mengatakan bahwa Messi akan melewatkan pertandingan persahabatan pada bulan Maret karena tidak ingin mengambil risiko terkait kondisi fisik sang pemain.

Meski begitu, Tata Martino berharap Messi segera pulih untuk tampil di Piala Champions CONCACAF melawan klub Liga MX CF Monterrey pada Selasa, 2 April 2024.

Persiapan Timnas Argentina menghadapi jeda internasional sedikit terganggu dengan cederanya megabintang Lionel Messi.

Tim berjuluk La Albiceleste itu rencananya akan melakoni laga persahabatan menghadapi El Salvador, dan Kosta Rika di Amerika Serikat.

Baca juga : Pegadaian Gelar Festival Ramadan 2024 di Medan dan Surabaya

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mengaku sudah mendengar bahwa pemain berjuluk La Pulga itu urung bergabung karena masih mengalami cedera hamstring kaki kanan.

Alhasil nakhoda kelahiran 16 Mei 1978 harus mempersiapkan pemain lainnya mengisi pos yang ditinggalkan pemilik delapan gelar Ballon d’Or itu.

Juara tiga kali Piala Dunia itu sejatinya tidak dalam kondisi terbaik menghadapi dua laga uji coba.

Beberapa pemain yang dipanggil yakni Marcos Senesi (Bournemouth), Paulo Dybala (AS Roma), dan Exequiel Palacios (Bayern Leverkusen) mengalami cedera.

Sebagai pengganti beberapa pemain yang menepi, penggawa asal Real Betis yakni Guido Rodriguez dipanggil Lionel Scaloni.

Saat ini juara Piala Dunia 2022 itu sudah melakukan pemusatan latihan di Negeri Paman Sam.

Rencananya Nicolas Otamendi dan kolega akan memainkan laga persahabatan di Lincoln Financial Field, Sabtu (23/3/2024) menghadapi El Salvador.

Setelah itu Timnas Argentina dijadwalkan berlaga menghadapi Kosta Rika di United Airlines Field at the Memorial Coliseum, Rabu (27/3/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.