Dark/Light Mode

Kerja Sama Makin Banyak, Korsel Optimis Hubungan Dengan RI Makin Cerah

Jumat, 17 Mei 2024 08:55 WIB
Direktur Asia Tenggara I Kemenlu Korea, Kwak Jeong Yeol. (Foto: RM.id/BCG)
Direktur Asia Tenggara I Kemenlu Korea, Kwak Jeong Yeol. (Foto: RM.id/BCG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Selatan (Korsel) optimis masa depan hubungan Korsel dengan Indonesia akan semakin cerah. Optimisme itu dilatar kerja sama yang terjalin antara kedua negara makin banyak serta menunjukkan perkembangan yang positif dan menjanjikan. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Asia Tenggara I Kemenlu Korea, Kwak Jeong Yeol saat bertemu dengan wartawan yang mengikuti program Indonesia Next Generation Journalist Network on Korea, di Kantor Kemenko Korsel, Seoul, Senin (13/5/2024). Program tersebut merupakan kerja sama Korea Foundation dengan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI). 

Sebelum memaparkan presentasinya, Kwak menyampaikan selamat atas pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil mencapai semifinal di Piala Asia U-23 di Qatar. Meski tak lolos ke Olimpiade Paris, Kwak mengaku terkesan dengan performa timnas Indonesia di Piala Asia yang bisa mengalahkan Korea. 

"Pencapaian Timnas Indonesia di Piala Asia menjadi sebuah cerita kesuksesan besar," pujinya. 

Baca juga : Menko Hadi Bahas Kerja Sama Keamanan & Penanggulangan Teroris Dengan Turki

Kwak lalu memaparkan berbagai kerja sama antara Indonesia dan Korea. Kata dia, saat ini, Korea dikenal bukan hanya sebagai negara K-Pop, tetapi juga sebagai negara maju yang punya pencapaian hebat di berbagai bidang lainnya.

Ia lalu menyebut beberapa kerja sama yang sudah terjalin antara Indonesia dan Korea, seperti pengembangan jet tempur KF-21 dan investasi Hyundai Motors dalam kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami yakin bahwa masa depan operasional hubungan kami akan lebih cerah dari sebelumnya," kata Kwak.

Kwak bilang, saat ini memang ada tantangan dalam proyek pengembangan jet tempur. Namun, ia percaya kedua negara dapat menyelesaikan masalah ini dengan baik.

Baca juga : Hutama Karya Optimis Bendungan Ameroro Bermanfaat Bagi Masyarakat Konawe

"Saya kira wajar dalam proyek besar seperti ini ada tantangan. Namun, kami punya minat yang kuat untuk mengembangkan proyek besar ini dan saya yakin semua masalah dapat diselesaikan dengan baik," ujarnya. 

Melanjutkan pemaparannya, Kwak mengungkapkan berbagai tantangan yang dihadapi Korea, seperti tingkat kelahiran yang rendah dan populasi yang menua. Ia pun mengungkapkan kekagumannya terhadap Indonesia yang memiliki populasi muda. 

"Dengan populasi muda, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Kami percaya bahwa dengan kerjasama yang erat, Indonesia dan Korea dapat menjadi salah satu pemimpin dalam teknologi tinggi di dunia," ujarnya. 

Mengakhiri presentasinya, Kwak mengajak para jurnalis, untuk ikut berperan dan membantu  menyebarkan cerita positif tentang hubungan antara Korea dan Indonesia. Ia memastikan, Korea siap untuk berkolaborasi dengan Indonesia dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Baca juga : Ahmad Riza Patria: Hubungan Dengan KIM Baik-baik Saja

"Ini adalah saat yang tepat untuk fokus pada sisi terang dari hubungan kita. Saya berharap para jurnalis, dapat membantu menyebarkan pesan positif ini," tutup Kwak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.