Dark/Light Mode

Dubes Uni Eropa Denis Chaibi Potong Kue Bareng Hadi Dan Sandiaga Di Europe Day

Sabtu, 18 Mei 2024 07:19 WIB
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Denis Chaibi(kanan) potong kue bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (keduakanan), Menparekraf Sandiaga Uno (ketiga kanan), pada ResepsiEurope Day 2024 di Hotel Ayana, Jakarta, Rabu (15/5/2024).(Foto: Larasati Dyah Utami/Rakyat Merdeka/RM.id)
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Denis Chaibi(kanan) potong kue bersama Menko Polhukam Hadi Tjahjanto (keduakanan), Menparekraf Sandiaga Uno (ketiga kanan), pada ResepsiEurope Day 2024 di Hotel Ayana, Jakarta, Rabu (15/5/2024).(Foto: Larasati Dyah Utami/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Uni Eropa untuk Indonesia Denis Chaibi menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Resepsi Europe Day 2024 di Hotel Ayana, Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Dia berharap Uni Eropa bisa memperkuat kerja sama dengan Indonesia dan ASEAN.

Dubes Chaibi tidak sendiri. Dia menjadi tuan di Perayaan Europe Day 2024 bersama Dubes Uni Eropa untuk ASEAN, Sujiro Seam, serta Kepala European Investment Bank (EIB) untuk Asia Tenggara dan Pasifik, Sunita Lukkhoo.

Acara ini turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor dan para Duta Besar Uni Eropa.

Baca juga : Dubes RI Untuk Inggris Desra Percaya Carbo Loading Bareng Pelari London Marathon

Menandai perayaan, Dubes Chaibi mengajak segenap tamu yang hadir dengan bersulang. Selanjutnya, dia mengajak Menko Polhukam, Menparekraf dan Wamenaker, potong kue bersama, sebagai harapan semakin eratnya kerja sama antara Indonesia dan Eropa.

Dalam pidatonya, Dubes Chaibi mengatakan, Indonesia adalah tempat bagus untuk dikunjungi, karena masyarakatnya bersatu dalam keragaman. Populasi Indonesia terbanyak nomor 4 di dunia, dengan mayoritas penduduknya menganut agama Islam.

Dubes Uni Eropa juga memuji penyelenggaraan Pemilu di Indonesia. Menurutnya, tidak mudah suatu negara yang memiliki lebih dari 270 juta penduduk bisa menyelenggarakan Pemilu dengan tertib dan damai. Iklim politik yang kondusif seperti ini, yang membuat Dubes Chaibi yakin Uni Eropa bisa meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

“Eropa siap menerima lebih banyak soft power dari Indonesia,” kata Chaibi dalam sambutannya.

Baca juga : Dubes Kanada Jess Dutton Pecinta Mie Goreng, Pengagum Keindahan Indonesia

Menurutnya, banyak peluang bagi perusahaan atau investor, maupun wirausahawan yang bisa saling melengkapi dari Indonesia dan Uni Eropa. Hal ini dilakukan dengan memastikan mempertemukan orang-orang dari kedua belah pihak. Contohnya melalui pertukaran budaya dan kunjungan pelajar.

“Indonesia dan Eropa akan mengalami transisi kekuasaan dalam beberapa bulan. Dan ini adalah kesempatan ideal untuk merevitalisasi hubungan kita. Dan ini penting, karena Indonesia adalah negara yang penting bagi Uni Eropa,” ujarnya.

Menko Polhukam turut memberikan sambutan pada resepsi Europe Day 2024, mewakili Pemerintah Indonesia.

Ia mengatakan Indonesia dan Uni Eropa memiliki beberapa pandangan yang sama. Misalnya dalam hal demokrasi, hingga multilateralisme. Nilai ini diperkuat dengan persahabatan dan perjanjian kerja sama kemitraan kedua belah pihak.

Baca juga : Tanpa Caption, Prabowo Posting Bukber Bareng Mbak Titiek Dan Anak

“Mari kita buka kembali perdamaian, persatuan dan kerja sama, dimana kita dapat berdampingan, mendefinisikan diri kita sebagai umat manusia,” ujarnya.

Perayaan ditutup dengan makan bersama. Uni Eropa menyajikan makanan Eropa hingga makanan khas Indonesia. Misalnya Beef Goulas dari Hungaria hingga Nordic Meatballs in Onion Gravy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.