Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk China Djauhari Oratmangun Dampingi Dirjen Rapat Di Xiamen

Senin, 12 Februari 2024 07:02 WIB
Dubes Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun (ketiga kiri) mendampingi Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Aspasaf Kementerian Luar Negeri Kemlu Abdul Kadir Jailani rapat dengan sejumlah pejabat China, Sabtu (3/2/2024). (Foto: Instagram @djauharioratmangun)
Dubes Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun (ketiga kiri) mendampingi Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Aspasaf Kementerian Luar Negeri Kemlu Abdul Kadir Jailani rapat dengan sejumlah pejabat China, Sabtu (3/2/2024). (Foto: Instagram @djauharioratmangun)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun mendampingi Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika (Aspasaf) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Abdul Kadir Jailani rapat dengan sejumlah pejabat China, Sabtu (3/2/2024).

Rapat yang diselenggarakan di Xiamen, Provinsi Fujian, membahas penguatan kemitraan strategis komprehensif. Pertemuan ini merupakan Konsultasi Diplomatik Pejabat Senior Indonesia-China yang ke-15.

Baca juga : Dubes RI Untuk Turki Achmad Rizal Purnama Hadiri Deklarasi Pemilu Damai

Lewat unggahannya di Instagram @djauharioratmangun, Senin (5/2/2024), Dubes yang akrab disapa Dubes Djo ini mengatakan, Konsul Jenderal RI Guangzhou Ben Perkasa Drajat juga hadir pada pertemuan itu. Sementara, delegasi Kemlu China dipimpin Asisten Menteri Luar Negeri Nong Rong.

Dubes Djo mengatakan, kedua belah pihak membahas pengembangan kerja sama bilateral dari berbagai aspek. Termasuk membahas isu regional dan multilateral.

Baca juga : Ratusan Juta Orang Nekat Mudik Imlek

“Pertemuan menyepakati penguatan implementasi rencana aksi kemitraan komprehensif strategis kedua negara dan mengintensifkan hubungan people to people,” kata Dubes yang pernah bertugas di Moskow, Rusia.

Pertemuan Konsultasi Diplomatik pejabat senior Indonesia dan China yang ke-14 telah dilakukan pada Juli 2023 di Jakarta.

Baca juga : Kemenkes Dan Illumina Kembangkan Genomic Engine Pertama Di Indonesia

Dirjen Aspasaf menggarisbawahi, kedua pihak menyepakati implementasi konkret kesepakatan kerja sama yang telah dicapai pada pertemuan tingkat Kepala Negara/Pemerintah dan Menteri Luar Negeri pada 2023.

Adapun terkait hubungan people to people, kedua negara berkomitmen memperkuat dialog, saling kunjung dan pertukaran. Selain isu kerja sama bilateral dari berbagai aspek, dibahas juga kerja sama dalam konteks ASEAN dengan China, kawasan regional dan multilateral.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.