Dark/Light Mode

Situasi Gaza Semakin Memburuk

Menlu Retno Curhat Ke Presiden SMU PBB

Selasa, 21 Mei 2024 06:20 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Sidang Majelis Umum PBB, Dennis Francis, di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Sabtu (19/5/2024).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Sidang Majelis Umum PBB, Dennis Francis, di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Sabtu (19/5/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Situasi di Gaza, Palestina, yang semakin memburuk, menjadi pembahasan saat Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-78, Dennis Francis.

Pertemuan ini dilakukan di sela-sela World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, Sabtu (19/5/2024). Blokade dan terhambatnya bantuan kemanusiaan ke Gaza, membuat Menlu perempuan pertama RI itu prihatin. Sementara Pemerintahan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu terus membiarkan aksi tersebut.

Menlu Retno menyambut baik adopsi resolusi SMU PBB mengenai pemberian hak-hak istimewa bagi Palestina, yang membuatnya memiliki hak hampir sama dengan negara anggota. Resolusi ini merupakan langkah penting dalam upaya mendorong hak yang setara bagi Palestina.

Baca juga : Anak SYL Bisa Dijerat Pasal Korupsi Lho...

“Namun resolusi ini saja tidaklah cukup. Upaya mewujudkan perdamaian berkelanjutan, memastikan kelancaran pengiriman bantuan kemanusiaan, dan mendorong keanggotaan penuh Palestina di PBB harus terus dilakukan,” ujarnya.

Isu lain yang dibahas adalah penguatan multilateralisme. Retno menegaskan pentingnya peran PBB yang lebih sebagai jangkar multilateraisme dan komitmen Indonesia dalam mendukung multilateralisme.

Dalam kaitan ini, Indonesia menyambut baik rencana penyelenggaraan Summit of the Future dan berharap pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret. Indonesia juga mendorong reformasi arsitektur multilateral dan mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga : Soraya Rasyid, Selingkuhan Andrew Andika?

Sementara Presiden SMU PBB menyampaikan apresiasi atas kontribusi Indonesia pada misi pemeliharaan perdamaian PBB.

Terkait perubahan iklim, Retno menegaskan komitmen Indonesia untuk berkolaborasi mengatasi kenaikan air laut yang sangat berdampak pada negara-negara kepulauan kecil.

Dalam kaitan ini, Indonesia mendukung penyelenggaraan High-Level Meeting on the Sea Level Rise pada September mendatang, dan berharap, pertemuan tersebut membuahkan hasil konkret. LDU

Baca juga : BUMN Ikut Aktif Bangkitkan Ekonomi Dan Olahraga Nasional

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Selasa, 21 Mei 2024 dengan judul "Situasi Gaza Semakin Memburuk Menlu Retno Curhat Ke Presiden SMU PBB"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.