Dark/Light Mode

Peduli Korban Galodo

Tahap Pertama, OSO Kirim 12 Truk Bantuan Ke Sumbar

Senin, 20 Mei 2024 08:00 WIB
Oesman Sapta (OSO) selaku Ketua Umum DPP Gebu Minang melepas 12 truk berisi bantuan untuk korban galodo, Sumatera Barat, di depan Kantor DPP Gebu Minang, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2024).
Oesman Sapta (OSO) selaku Ketua Umum DPP Gebu Minang melepas 12 truk berisi bantuan untuk korban galodo, Sumatera Barat, di depan Kantor DPP Gebu Minang, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Gebu Minang Oesman Sapta (OSO) melepas 12 truk berisi bantuan untuk korban galodo di Sumatera Barat (Sumbar). OSO berharap bantuan yang diberangkatkan dari kantor Gebu Minang di Jakarta ini, dapat bermanfaat bagi korban. “Semoga ini menjadi musibah terakhir buat Sumbar,” kata OSO.

Galodo merupakan istilah masyarakat Minangkabau ketika menyebut air bah yang bercampur dengan lumpur dan batu. Selain menelan korban jiwa, galodo juga membuat pemukiman penduduk dan infrastruktur di 3 kabupaten rusak parah. Akibatnya, ribuan orang harus mengungsi karena musibah tersebut.

Berbagai bantuan terus berdatangan untuk para korban galodo. Kemarin (Minggu, 19/5/2024) pagi, giliran Gebu Minang yang mengirimkan bantuan. Gebu Minang merupakan organisasi perkumpulan dari warga-warga minang yang tersebar di seluruh Indonesia. Gebu Minang dipimpin oleh OSO.

Penyerahan bantuan ditandai dengan dilepasnya 12 truk berisi bantuan oleh OSO. Dalam pelepasan itu, OSO didampingi Wakil Ketua Umum Bidang OKK Irjen Pol (Purn) Syafrizal Ahiar, Wakil Ketua Umum Bidang Agama Adat dan Budaya Prof Muzril Zahari, Wakil Sekretaris Jenderal Azhari Sutan Malano dan Zulhendri Chaniago.

Baca juga : Ledia Hanifa Amaliah: Kampus Sebaiknya Memiliki Badan Usaha

Pelepasan bantuan ke Sumbar dilakukan di depan Kantor DPP Gebu Minang di jalan KH Abdullah Syafei, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan. OSO memegang bendera Gebu Minang di depan truk yang berbaris mengangkut bantuan.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim. Saya nyatakan berjalan dan tujuan dari Gebu Minang untuk menyampaikan sumbangan kepada korban bencana alam Sumatera Barat,” tutur OSO, sembari mengangkat bendera. Satu per satu, truk mulai berjalan, dikawal mobil voorijder.

Mantan ketua DPD RI ini mengatakan, bantuan disalurkan ke tiga daerah terdampak: Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Padang Panjang.

“Ini merupakan bantuan putaran pertama. Nanti akan ada bantuan susulan untuk daerah terdampak yang lain,” kata OSO, usai acara pelepasan bantuan ke Sumbar.

Baca juga : Muhadjir Effendy: Kenaikan UKT Untuk Mahasiswa Baru Saja

Pria yang memiliki darah Minang ini mengaku merasakan duka yang mendalam atas musibah yang terjadi. OSO berharap galodo menjadi bencana terakhir yang dialami masyarakat Sumbar, juga Indonesia.

“Mudah-mudahan ini musibah yang terakhir kali ya di Sumbar. Setelah ini tidak ada lagi musibah-musibah, baik di Sumbar maupun di seluruh Indonesia,” harap OSO.

Ia memastikan, Gebu Minang selalu peduli dengan masyarakat Indonesia, bukan hanya terhadap orang Minang.

“Jadi kalau ada bencana di wilayah lain di seluruh Indonesia, Gebu Minang selalu mengirimkan bantuan,” janjinya.

Baca juga : Golkar Siapin Karpet Merah Untuk Jokowi Dan Gibran

Syafrizal Ahiar yang juga Ketua Panitia Acara Pelepasan Bantuan menjelaskan, bantuan ini murni sumbangan pribadi OSO.

“Sumber anggaran ini adalah bantuan pribadi ketua Gebu Minang 100 persen,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 20 Mei 2024 dengan judul Peduli Korban Galodo, Tahap Pertama, OSO Kirim 12 Truk Bantuan Ke Sumbar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.