Dark/Light Mode

Eksklusif Dengan Erick Thohir

BUMN Ikut Aktif Bangkitkan Ekonomi Dan Olahraga Nasional

Senin, 20 Mei 2024 08:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir.  (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Kebangkitan Nasional tahun ini, temanya Bangkit Untuk Indonesia Emas. Erick Thohir, Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI memaknai Hari Kebangkitan Nasional sebagai pengingat untuk bekerja keras, ikut mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Empat tahun terakhir, Erick aktif membangkitkan ekonomi rakyat melalui progran-program yang dikerjakan BUMN. Erick juga aktif membangkitkan semangat olahraga Indonesia, khususnya sepak bola, melalui sejumlah gebrakannya di PSSI.

Eksklusif kepada Rakyat Merdeka, Erick mengatakan BUMN adalah benteng ekonomi nasional, dan punya tiga peran penting. Pertama, sebagai kontributor untuk penerimaan negara melalui instrumen pajak, deviden dan PNBP (penerimaan negara bukan pajak).

“Tahun 2023, kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara mencapai Rp 605,2 triliun,” kata Erick.

Untuk diketahui, total kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara tiga tahun terakhir, mencapai Rp 1.548,2 triliun. Rinciannya, sebanyak Rp 395 triliun dibukukan pada tahun 2021, Rp 548 triliun pada 2022, dan Rp 605,2 triliun pada 2023.

Khusus pajak, kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara tahun 2021 mencapai Rp 278 triliun. Angka ini meningkat menjadi Rp 410 triliun pada 2022, dan Rp 439 triliun pada 2023. Sehingga, total penerimaan pajak dalam periode 2021-2023 berjumlah Rp 1.127 triliun.

Untuk kontribusi dividen, BUMN menyumbang Rp 30 triliun pada 2021, Rp 40 triliun pada 2022, dan Rp 81,2 triliun pada 2023. Sehingga, totalnya tembus Rp 151,2 triliun.

Sedangkan PNBP (penerimaan negara bukan pajak), BUMN berkontribusi Rp 87 triliun pada tahun 2021, Rp 98 triliun pada 2022, dan Rp 85 triliun pada 2023. Sehingga, total penerimaan negara periode 2021-2023 sebesar Rp 270 triliun.

Kedua, peran sebagai agent of change atau agen perubahan. Contohnya, BUMN memainkan peran penting dalam pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan di Sanur Bali, dan lain-lain.

Baca juga : Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas

Ketiga, menjaga ekonomi rakyat. Dalam hal ini, BUMN konkret memberikan 92 persen pinjaman UMKM, melalui Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara).

“BUMN adalah benteng ekonomi nasional, menjaga keseimbangan dari keterbukaan ekonomi. Kita berharap bisa terus konsisten menjaga keberadaan BUMN. Policy dan kinerjanya juga harus terus kita jaga,” jelas Erick.

BUMN Penting Hadir Di Desa

Data menunjukkan jumlah penduduk di kota dan desa, saat ini cukup berimbang. Sehingga, menurut Erick, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak boleh hanya tergantung pada ekonomi di perkotaan. Desa adalah komponen penting untuk menjaga kestabilan ekonomi dan disparitas atau kesenjangan. “Itulah alasan, mengapa saya menekankan penting sekali BUMN hadir di desa,” ujar Erick.

Program PNM Mekaar misalnya, kata Erick, telah membantu kalangan perempuan yang menjadi pengusaha kelas mikro. Ini bisa menjadi agen pertumbuhan desa, sekaligus menjaga kestabilan ekonomi keluarga. Peserta program Mekaar saat ini terus berkembang. Awalnya kisaran 4 juta, kini sudah tumbuh menjadi hampir 16-an juta orang. “Ini berdampak sangat positif,” ujarnya.

Selain Mekaar, juga banyak program lain yang bertujuan memberdayakan masyarakat. Misalnya di daerah perhutanan, juga melibatkan BUMN Perhutani. Masyarakat mendapakan manfaat, dalam bentuk win-win collaboration.

Erick mengharapkan, program pemberdayaan untuk masyarakat tidak hanya dikerjakan BUMN, tapi juga perusahaan swasta.

“Ketika perusahaan tumbuh besar, kepedulian terhadap ekonomi lingkungan atau masyarakatnya juga harus diperhatikan. Ini yang membedakan kita dengan negara-negara lain, terutama yang menganut liberalisme atau sangat terpimpin, Indonesia percaya yang namanya ekonomi keseimbangan,” tutur Erick.

Peran BUMN Muda

Baca juga : Pesawat Latih Tewaskan 3 Orang

Bicara soal kebangkitan anak-anak muda, Erick mengatakan, di BUMN, orang muda penting untuk menjaga fondasi transformasi yang sedang dijalankan kementeriannya. Transformasi BUMN, kata Erick, tak hanya bicara bisnis model, pembangunan ekosistem. Namun lebih dari itu, yang utama adalah pembangunan human capital.

“Kami memikirkan bagaimana transisi leadership atau lahirnya para pemimpin muda masa depan. Sehingga, ketika mengharapkan BUMN menjadi benteng ekonomi nasional dan penyeimbang pasar, kita punya leadership muda yang capable, profesional dan punya nasionalisme tinggi,” tuturnya.

Olahraga & Kontribusi BUMN Terhadap Cabor

Erick juga menyampaikan pandangan mengenai pentingnya olahraga dalam membangun nasionalisme bangsa. Olahraga mengajarkan sikap kompetitif yang fair. Siap kalah, siap menang. Olahraga juga menekankan pentingnya sportivitas, fighting spirit. Dan khususnya sepakbola, bisa mempersatukan bangsa.

“Ini adalah salah satu bentuk pembangunan karakter bangsa yang sesungguhnya,” kata Erick.

Dia juga menguraikan intangible value dari olahraga. Khususnya, terkait kesehatan, yaitu sebagai langkah antisipasi terhadap munculnya berbagai masalah kesehatan masyarakat.

“Demografi kita, yang muda suatu saat akan tua. Kondisi kesehatan adalah tantangan tersendiri. Ketika kita mendidik masyarakat untuk sehat dan berolahraga, maka itu berdampak sangat penting,” ucap Erick.

Selain sepakbola, Erick juga menaruh perhatian penting pada cabang olahraga lainnya. Sejumlah BUMN didorong aktif berkontribusi pada cabang-cabang olahraga unggulan, untuk mendukung program yang dikerjakan Menteri Pemuda dan Olahraga. Hasilnya nyata. Ada kemajuan signifikan di bidang olahraga tersebut.

Menpora menetapkan 17 cabang olahraga unggulan kategori Olimpiade dan kategori olahraga masyarakat. BUMN pun mendukungnya melalui tiga hal. Pertama, berkontribusi dalam pengembangan olahraga nasional. Kedua, menjadi bagian dari pembangunan kultur, karakter, dan segala turunan dari impact cabor tersebut. Serta ketiga, aspek komersial.

Baca juga : Tahap Pertama, OSO Kirim 12 Truk Bantuan Ke Sumbar

Kata Erick, ada yang bertanya, mengapa misalnya BNI mendukung bulutangkis, dan Mandiri mendukung bola basket. Menurutnya, momentum brand bertemu brand adalah hal sangat penting.

Bulutangkis adalah cabor yang sudah sering mengibarkan bendera merah putih di ajang-ajang internasional seperti Olimpiade. Cocok dengan representasi BNI di Inggris, New York, Singapura, Hong Kong, Korea, Jepang dan lain-lain.

Sehingga, ketika ada merk BNI terpampang di tim bulutangkis nasional, dengan sendirinya itu menjadi sinergi yang saling menguntungkan. “Efektivitas kontribusi BNI di cabang bulutangkis, sudah terlihat,” ujar Erick.

Contoh lain, Bank Mandiri sebagai sponsor bola basket. Mengapa? Bank Mandiri, kata Erick, adalah urban bank atau bank perkotaan. Cocok dengan branding basket, karena olahraga ini banyak dimainkan di sekolah, perkotaan. “Ada brand ketemu brand lagi di situ,” cetusnya.

Bersama Mandiri Peduli, bola basket nasional sekarang sudah sukses mencetak sejarah sebagai juara SEA Games Putra/Putri. “Ini prestasi yang puluhan tahun diimpikan,” katanya. Contoh kolaborasi BUMN dengan cabor lainnya, yaitu Pertamina dengan olahraga otomotif. Dan BRI dengan sepakbola.

Menurut mantan bos Inter Milan ini, semua kerja sama BUMN dengan berbagai cabor, ada strategi dan perhitungan komersialnya. Tidak ujug-ujug atau ada kepentingan tertentu. Payung hukumnya juga sudah ada. “Jangan sampai, kepedulian BUMN terhadap dunia olahraga, dilatari oleh kepentingan pribadi atau kelompok, atau ada agenda lain,” tandas Erick.

Kolaborasi BUMN dan olahraga, kata Erick, adalah sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Dalam rapat terbatas, Presiden meminta kepada stakeholder untuk aktif berperan dan mendukung olahraga.

Membangkitkan olahraga, artinya berkontribusi pada pembangunan karakter bangsa.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 20 Mei 2024 dengan judul Eksklusif Dengan Erick Thohir, BUMN Ikut Aktif Bangkitkan Ekonomi Dan Olahraga Nasional

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.