Dark/Light Mode

Pesawat Angkut Canggih Inggris Bakal Mendarat di Halim

Senin, 11 November 2019 16:30 WIB
Pesawat A400M (Foto British Embassy)
Pesawat A400M (Foto British Embassy)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesawat angkut multifungsi milik Angkatan Udara Inggris, A400M, bakal mampir ke Jakarta, Selasa (12/11). Pesawat ini dapat mengangkut beban 37 ton dan bisa mendarat di landasan pacu dengan medan terjal.

"A400M akan mengunjungi Indonesia pada Selasa, 12 November 2019, untuk memamerkan kemampuannya, dengan harapan Indonesia tertarik untuk membeli pesawat terkemuka ini," keterangan Kedutaan Inggris di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Cinta Mati, Ansu Fati Ingin Selamanya di Barca

Inggris menilai Indonesia sangat cocok menggunakan pesawat canggih tipe ini. Pasalnya, pesawat A400M bisa digunakan untuk memberi bantuan ke daerah terpencil saat terjadi bencana alam dan bisa juga digunakan sebagai kapal tanker garis depan.

Hal tersebut sudah dibuktikan kala pesawat ini membawa bantuan kemanusiaan dan upaya pemulihan pascabencana gempa bumi di Palu pada Oktober 2018.

Baca juga : Menteri Tito Bakal Ambil Tindakan Keras dan Tegas

Pesawat A400M ini merupakan pesawat angkut militer multi-nasional yang memiliki empat mesin turboprop, dengan kemampuan strategis C17 Globemaster, serta kemampuan taktis C130. Rencananya, pesawat A400M akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, dan akan menunjukkan kemampuannya.

Sejumlah pejabat direncanakan hadir dalam kesempatan tersebut. "Saya senang bisa menyambut kembali pesawat A400M di Jakarta. Ini adalah kunjungannya keempat ke Indonesia. Desainnya sangat inovatif dengan teknologi dan teknik yang sangat canggih," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins.

Baca juga : Perluasan Penggunaan Gas Bumi Bakal Hemat Subsidi Energi

A400M, kata Dubes Jenkins, mampu menjawab kebutuhan Indonesia pascabencana. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.