Dark/Light Mode

Tingkatkan Integrasi Transportasi Antar-Negara, Indonesia Hadiri Forum ASEAN STOM

Senin, 11 November 2019 19:30 WIB
Sekjen Kemenhub Djoko Sasono (kedua kanan) dalam pembukaan dalam forum ASEAN Senior Transport Officials Meeting (STOM) ke-48 dan ASEAN Transport Minister Meeting (ATM) ke-25, di Hanoi, Vietnam, Senin (11/11). (Foto: Dok. Ditjen Hubla)
Sekjen Kemenhub Djoko Sasono (kedua kanan) dalam pembukaan dalam forum ASEAN Senior Transport Officials Meeting (STOM) ke-48 dan ASEAN Transport Minister Meeting (ATM) ke-25, di Hanoi, Vietnam, Senin (11/11). (Foto: Dok. Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka meningkatkan kerja sama dengan negara lain demi kemajuan transportasi, Indonesia kembali berpartisipasi dan turut berkontribusi di forum internasional. Yang terbaru dalam forum ASEAN Senior Transport Officials Meeting (STOM) ke-48 dan ASEAN Transport Minister Meeting (ATM) ke-25, di Hanoi, Vietnam. 

Melalui ASEAN STOM ke-48 dan ATM ke-25, Indonesia ingin menekankan pentingnya negara-negara Anggota ASEAN bekerja sama dalam menjaga momentum dengan mengambil pendekatan berwawasan ke depan dalam meningkatkan kerja sama dan integrasi ASEAN. Yang bertindak selaku Head of Delegation (HOD) forum tersebut adalah Sekjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Djoko Sasono. 

“Dalam pertemuan ini kami akan mencoba untuk lebih memperkuat kerja sama transportasi antara negara-negara Anggota ASEAN dan juga dengan mitra dialog kami dengan tujuan untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan ini. Dan mendukung upaya ASEAN dalam membangun komunitas dan integrasi regional,” ujar Djoko saat menghadiri pembukaan ASEAN STOM ke-48 dan ATM ke-25, di Hanoi, Vietnam, Senin (11/11).

Baca juga : Menhub Kebut Proyek Transportasi Indonesia Timur

Djoko mengatakan, Indonesia akan mencoba mengidentifikasi area baru untuk kerja sama dengan mitra dialog di berbagai sektor transportasi. "Saya berharap dengan mitra dialog yang dimiliki negara-negara anggota ASEAN dapat secara kolektif melakukan upaya untuk bergerak maju dalam berbagai inisiatif berkelanjutan," ujarnya. Ia menekankan, Indonesia berkomitmen untuk berkolaborasi dan bekerja sama untuk memastikan komitmen Pertemuan ASEAN dapat diimplementasikan.

Setelah pembukaan, pertemuan yang berlangsung pada 11-15 November 2019 akan dilanjutkan dengan membahas hasil laporan Working Group di semua sektor transportasi. Baik transportasi darat, laut, udara, maupun perkeretaapian. 

Terdapat lima pokok agenda pembahasan di sektor transportasi laut, yaitu ASEAN Single Shipping Market (ASSM), realisasi pengoperasian jaringan pelayaran Ro-Ro di ASEAN, peningkatan sistem navigasi dan langkah-langkah keamanan sesuai dengan Standar Internasional. Kemudian mengintensifkan kerja sama regional dalam meningkatkan transportasi, mengintensifkan kerja sama regional dalam pengembangan kebijakan, dan strategi terkait transportasi berkelanjutan. 

Baca juga : Tunjukkan Eksistensi sebagai Negara Maritim, Indonesia Berpartisipasi di OOC 2019

Sedangkan dari transportasi udara, terdapat dua pokok pembahasan. Yakni ASEAN Air Transport Sectoral Negotiation dan ASEAN Single Aviation Market (ASAM).

Ada pun pokok pembahasan sektor transportasi darat dan perkeretaapian membahas tentang ASEAN Multisector Road Safety Special Working Group (MRSSWG), ASEAN Highway Sub-Working Group Meeting, Singapore-Kunming Rail Link (SKRL), dan Implementasi Transportasi Darat yang Berkelanjutan. 

Dalam pertemuan ASEAN STOM ke-48 dan ATM ke-25, Kemenhub mengirimkan delegasi yang terdiri dari perwakilan seluruh sub sektor di lingkungan Kemenhub. Antara lain Setjen, Ditjen Perhubungan Darat, Ditjen Perhubungan Laut, Ditjen Perhubungan Udara, Ditjen Perkeretaapian, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, dan Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kerjasama Internasional (PFKKI).

Baca juga : Film Lo Ban Teng Perpaduan Bintang Indonesia dan Tiongkok

Djoko menyampaikan ucapan terima kasih kepada Vietnam sebagai tuan rumah pertemuan ASEAN STOM Ke-48 dan ATM Ke-25. "Saya sebagai Kepala Delegasi Indonesia menyampaikan rasa terima kasih saya kepada Pemerintah Vietnam karena menjadi tuan rumah pertemuan penting ini dan atas keramahan yang diberikan kepada kami. Saya merasa terhormat berada di sini bersama delegasi saya untuk berpartisipasi aktif dan berkontribusi untuk keuntungan bersama kita," tutup Djoko. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.