Dark/Light Mode

Manjakan Rakyat Papua

Menhub Kebut Proyek Transportasi Indonesia Timur

Selasa, 29 Oktober 2019 06:19 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah akan mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi di Papua dan Papua Barat. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan infrastruktur transportasi akan menjadi salah satu prioritas yang digeber pemerintah dalam lima tahun mendatang. 

“Pemerintah ingin melakukan percepatan berbagai pembangunan infrastruktur. Termasuk infrastruktur transportasi untuk meningkatkan konektivitas di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat sebagaimana arahan Bapak Presiden bahwa Papua adalah masa depan Indonesia,” ujarnya saat menemani kunjungan Presiden Jokowi di Papua dan Papua Barat. 

Baca juga : Jokowi Ingin Infrastruktur Indonesia Timur Lebih Masif

Menhub menjelaskan, tujuan pemerintah mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi adalah untuk meningkatkan efisiensi pengiriman logistik. 

Setelah itu, diharapkan masalah disparitas harga untuk barang dan jasa antara daerah timur dan barat dapat tertangani. Pembangunan transportasi juga bertujuan mendorong daya saing produk dalam negeri asal Papua dan Papua Barat. 

Mantan Dirut PT Angkasa Pura ll ini mengatakan, capaian infrastruktur yang digeber meliputi sektor perhubungan darat, laut, dan udara. Di sektor perhubungan udara, pemerintah akan membangun 10 bandara. 

Baca juga : John Wempi Siap Kawal Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Timur

Di antaranya Bandara Ewer, Bandara Kepi, Bandara Ilaga, Bandara Oksibil, Bandara Nabire Baru dan Bandara Mopah. Kemudian, Bandara Rendani Manokwari, Bandara Waisai Raja Ampat, Bandara Wasior Baru, dan Bandara Baru Siboru Fakfak. 

“Kita membahas detail dan memberikan suatu alokasi anggaran yang relatif besar. Sebanyak 33 persen dari anggaran pembangunan perhubungan udara itu ada di Papua,” tutur BKS, sapaan Budi Karya. 

Di sektor perhubungan laut, pemerintah akan membangun sejumlah pelabuhan. Misalnya Pelabuhan Depapre, Pelabuhan Nabire, Pelabuhan Pomako, Pelabuhan Moor, dan Pelabuhan Serui untuk Provinsi Papua serta Pelabuhan Kaimana di Provinsi Papua Barat. 

Baca juga : Pemerintah Guyur Wilayah Indonesia Timur Rp 44 Miliar

Di sektor perhubungan darat, pemerintah akan membangun Terminal Bus Entrop di kota Jayapura, dermaga bus air di Danau Sentani, dan bus serta bus air di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Kabupaten Jayapura. Pembangunan ini juga untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua pada 2020. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.