Dark/Light Mode

Masuk Masjid Di Moskow Bisa Pake Sepatu?

Senin, 11 November 2019 20:57 WIB
Capture gambar video yang diunggah @fakir_sinyal.
Capture gambar video yang diunggah @fakir_sinyal.

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa benar masuk masjid di Moskow, Rusia bisa menggunakan sepatu? Sebuah video soal ini yang muncul di Twitter bikin heboh lini masa. 

Video ini diunggah akun Twitter @fakir_sinyal pada 3 November lalu. Dari tayangan video terlihat, sejumlah orang hendak memasuki sebuah ruangan. Namun sebelum itu, mereka memasukkan kaki masing-masing ke mesin pembungkus sepatu. Keluar dari mesin itu, sepatu para pengunjung sudah dibalut plastik. 

Baca juga : Tuding Morales Dikudeta, Meksiko Tawari Suaka

"Alat otomatis untuk pelapis alas sepatu di masjid Moskow," ujar @fakir_sinyal dalam keterangan videonya.

Sepertinya, alat ini memang khusus disediakan pihak masjid agar pengunjung yang bersepatu tetap bisa wara-wiri keluar masuk masjid tanpa meninggalkan najis dan kotoran dari luar. 

Baca juga : Pakaian Anak Diskon Hingga 80 Persen

Hingga berita ini selesai ditulis, video ini sudah ditonton 884 ribu orang. Tak hanya itu, unggahan tersebut rupanya justru menuai pro dan kontra dari netizen. 
Mereka yang nggak setuju menyoroti soal sampah plastik dan terkait adab masuk masjid.

"Kenapa pihak masjid malah memfasilitasi hal tersebut? Gagal paham gue. Kalau memang ditunjukkan untuk wisata ke masjid dalam memperkenalkan Islam, ya, sekalian saja ikuti pakai cara Islam. Suruh copot sepatunya dan kasih penitipan sepatu di sudut masjid seperti yang banyak terdapat di Indonesia," tulis akun @Mrius74910626.

Baca juga : Juara Paris Master, Djokovic Intip Rangking Satu Dunia

"Sebenarnya yang kami inginkan itu adabnya. Ketika masuk masjid, enggak pakai alas kaki lebih menggambarkan pantas dan adab. Soal najis atau tidak, itu sesuatu yang tidak kasat mata. Misalkan celana dalam kena air pipis saja sudah bawa najis ke dalam masjid," terang @apeluh_gog.

"Emang bisa sih kayak gitu buat masuk masjid biar enggak kotor dan enggak ribet buka sepatu, cuma ngapain gitu ke dalam masjid dan enggak lepas sepatu? Artinya enggak bakal salat kan, terus ngapain? Cuma foto-foto doang? Masih banyak tempat-tempat yang lain buat foto-foto atuh," celetuk @BugedSenpai. [KRS]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.