Dark/Light Mode

Belanja Online Saat Tidur, Utang Numpuk Rp 61 Juta

Jumat, 31 Mei 2024 06:25 WIB
Kelly Knipes sering aktif dalam tidurnya.
Kelly Knipes sering aktif dalam tidurnya.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wanita asal Inggris, Kelly Knipes (42), memiliki peri­laku tak biasa. Dia berbelanja barang-barang di online saat tertidur.

Dari semua transaksi yang dia lakukan saat tidur, Knipes akhirnya harus menunggak utang lebih dari 3.800 dolar AS (sekitar Rp 61 juta). Menurutnya, kondisi yang dia alami dikarenakan gangguan tidur yang langka.

Pada 2018, Knipes didiagnosis menderita parasomnia, yakni kondisi yang melibatkan perilaku abnormal dan tidak di inginkan yang terjadi saat tidur.

Menurut situs kesehatan Amerika Serikat (AS), Yale Medicine, seseorang dengan parasomnia sebagian otaknya tidak tidur. Dia tampak waspa­da, berjalan atau berbicara, ma­kan atau melakukan aktivitas lain, tetapi tanpa kesadaran.

Baca juga : Duit Habis, Cari Pinjaman Sana-sini, Utang Numpuk

Knipes mulai menyadari bahwa dia sering berjalan dalam tidur setelah kelahiran anak per­tamanya, Henry, pada 2006.

Selama bertahun-tahun, Knipes kerap menerima ber­bagai barang dari kurir paket. Salah satunya, dia pernah menerima lapangan basket plastik berukuran penuh termasuk jaring, tiang dan papan belakang. Ternyata, paket itu dia pesan saat tertidur.

“Sungguh menjengkelkan dan membuat frustrasi saat tidur sambil berpikir. Saya tidak tahu apa yang terjadi malam ini,” ungkap Knipes kepada South West News Service.

“Saya menumpuk utang di mana-mana,” sesalnya.

Baca juga : Jeratan Judi Online Bikin Jatuh Ke Jurang Kemelaratan

Yang paling parah, dia mengungkapkan informasi keuangan pribadinya kepada penipu online melalui pesan teks.

Knipes memberi penipu tersebut semua rincian data pribadinya. Lalu ketika dia bangun, para penipu telah mengambil 317 dolar AS (sekitar Rp 5 juta) dari rekening banknya.

“Semua orang menganggap itu lucu, padahal sebenarnya tidak,” ujar warga Essex, Inggris ini.

Knipes memiliki tiga anak istimewa. Ada yang menderita epi­lepsi, tuli dan kesulitan belajar. Knipes memang menghindari obat tidur agar bisa tetap was­pada sepanjang malam jika anak-anaknya membutuhkannya.

Baca juga : SYL Bayar Biduan Pakai Kementan Rp 50-100 Juta

“Gangguan tidur itu adalah masalah saya yang paling kecil. Secara keseluruhan, saya hanya fokus pada anak-anak saya,” pungkasnya. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Jumat, 31 Mei 2024 dengan judul "Belanja Online Saat Tidur, Utang Numpuk Rp 61 Juta"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.