Dark/Light Mode

Cetak Sejarah, Claudia Sheinbaum Jadi Presiden Perempuan Pertama Meksiko

Senin, 3 Juni 2024 21:40 WIB
Claudia Shenbaum. (Foto: IG/ @claudia_shein)
Claudia Shenbaum. (Foto: IG/ @claudia_shein)

RM.id  Rakyat Merdeka - Claudia Sheinbaum membuat sejarah sebagai presiden perempuan pertama Meksiko setelah memenangkan Pilpres dengan kemenangan telak pada Minggu (2/6) waktu setempat. Di tengah negara yang sering dilanda kekerasan kriminal dan berbasis gender, terpilihnya Sheinbaum menandai babak baru dalam politik Meksiko.

Kemenangan Sheinbaum dirayakan pendukungnya di alun-alun utama Meksiko City. Mereka mengibarkan bendera Meksiko dan merayakan kemenangan kandidat dari partai berkuasa, Morena. Mereka bernyanyi dan menari diiringi musik dalam perayaan yang penuh semangat. 

"Saya ingin berterima kasih kepada jutaan perempuan dan laki-laki Meksiko yang memutuskan untuk memilih kami pada hari bersejarah ini," kata Sheinbaum dalam pidato kemenangannya di hadapan hadirin yang bersorak-sorai. 

"Saya tidak akan mengecewakan Anda," janji mantan wali kota Mexico City berusia 61 tahun itu, seperti dikutip dari kantor berita AFP, Senin (3/6/2024).

Baca juga : Prabowo: Kalau Diminta PBB, Indonesia Siap Kirim Pasukan Perdamaian Ke Gaza

Sheinbaum juga berterima kasih kepada saingan utamanya, Xochitl Galvez. Galvez adalah seorang pengusaha dan filantropis yang diusung partai-partai oposisi, yang telah mengakui kekalahan. Menurut hasil resmi awal dari National Electoral Institute, Sheinbaum memenangkan sekitar 58-60 persen suara.

Penghitungan cepat yang dilakukan komisi pemilihan menunjukkan Sheinbaum meraih setidaknya 58,3% suara, sedangkan saingan terdekatnya, Xochitl Galvez, memperoleh setidaknya 26,6% suara. Jorge Alvarez Maynez, kandidat dari partai berhaluan tengah Movimiento Ciudadano, berada di urutan ketiga dengan setidaknya 9,9% suara.

Perolehan suara Sheinbaum ini merupakan sejarah di pilpres Meksiko. Perolehan suara Sheinbaum melebihi 54,7 persen yang dicapai oleh mentor populisnya, Presiden Andrés Manuel López Obrador, pada 2018. 

Sheinbaum menyatakan bahwa Galvez dan Maynez telah meneleponnya untuk mengakui kemenangannya.

Baca juga : Gandeng Bank Albarokah, Danasyariah Sepakati Perluasan Kerja Sama

"Kami membayangkan Meksiko yang majemuk, beragam, dan demokratis. Tugas kami adalah dan akan selalu menjaga setiap orang Meksiko, tanpa perbedaan," kata Sheinbaum, dilansir The Guardian, Senin (3/6/2024).

"Meskipun banyak warga Meksiko yang tidak sepenuhnya setuju dengan proyek kami, kami harus berjalan dengan damai dan harmonis untuk terus membangun Meksiko yang adil dan lebih sejahtera," imbuhnya.

Shenbaum pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Meksiko atas pengakuan mereka terhadap sejarah, hasil, keyakinan, dan kemauan kami, dan yang terpenting atas pengakuan mereka terhadap proyek nasional kami. 

"Saya juga bersyukur karena untuk pertama kalinya dalam 200 tahun republik ini, saya akan menjadi presiden perempuan pertama Meksiko," ungkapnya. 

Baca juga : Ajak Warga Makan Siang, Presiden Didoakan Sehat Terus Dan Murah Rezeki

Presiden yang akan segera mengakhiri masa jabatannya, Andrés Manuel López Obrador, menulis ucapan selamatnya di X. "Saya mengucapkan selamat kepada Claudia Sheinbaum, yang menang dengan selisih besar. Dia akan menjadi presiden perempuan pertama Meksiko dalam 200 tahun... Dan dia juga mungkin menjadi presiden dengan suara terbanyak sepanjang sejarah negara kita," kicaunya. 

Claudia Sheinbaum adalah seorang politikus dan ilmuwan Meksiko yang sebelumnya menjabat sebagai wali kota Mexico City sejak 5 Desember 2018. Sheinbaum, anggota partai politik Morena yang didirikan oleh Presiden López Obrador, memiliki latar belakang akademis yang kuat di bidang fisika dan energi. Dia meraih gelar PhD dalam Teknik Energi dari Universidad Nacional Autónoma de México (UNAM) dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Lingkungan Hidup untuk Mexico City dari 2000 hingga 2006.

Sheinbaum dikenal karena kebijakan progresifnya di berbagai bidang, termasuk transportasi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial, dan merupakan wanita pertama yang terpilih secara langsung sebagai wali kota Mexico City.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.