Dark/Light Mode

Tiba Di Pyongyang, Putin Disambut Pelukan Hangat Kim Jong Un

Rabu, 19 Juni 2024 09:35 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Pemimpin Korut Kim Jong Un bertemu di Bandara Pyongyang, Korut, Rabu (18/6/2024) dini hari. (Foto: TASS)
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Pemimpin Korut Kim Jong Un bertemu di Bandara Pyongyang, Korut, Rabu (18/6/2024) dini hari. (Foto: TASS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan tiba di Pyongyang, Korea Utara (Korut) pada Rabu (18/6/2024) pukul 3 waktu setempat.

Dalam kunjungan kedua pemimpin Rusia sepanjang riwayat hubungan kedua negara, atau kunjungan pertama dalam 24 tahun, Putin disambut hangat oleh pemimpin Korut Kim Jong Un.

Melansir TASS, Kim Jong Un terlihat berjalan ke arah karpet merah di landasan, saat tangga bergerak menuju pesawat Presiden Rusia. Di tangga pesawat, Putin dan Kim bertemu. Keduanya saling berjabat tangan, lalu berpelukan.

Baca juga : Berbagi Di Idul Adha, Pertamina Salurkan 4.493 Hewan Kurban

Tak lama, tampak seorang gadis Korea mengenakan pakaian nasional hanbok membungkuk. Dia menghadiahi Putin buket bunga. Dengan pengawalan kehormatan pengendara sepeda motor, Putin dan Kim menumpang mobil kepresidenan Rusia, merk Aurus. Menuju Istana Matahari Kumsusan.

Putin dan Kim berbincang, dibantu seorang penerjemah. “Melewati jalan-jalan Pyongyang yang terang benderang pada pagi hari, para pemimpin saling bertukar pikiran untuk lebih mengembangkan hubungan diplomatik Korut-Rusia,” lapor KCNA.

KCNA menyebut, kemitraan kedua negara adalah mesin untuk mempercepat pembangunan dunia multi-kutub baru.

Baca juga : Hari Ini, Putin Terbang Ke Korut Temui Kim Jong Un, Mau Ngapain?

Agenda resmi kunjungan kenegaraan Putin ke Korut, dimulai pada Rabu (19/6/2024) pagi ini. Setelah selesai, Putin dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Vietnam.

Staf Presiden Rusia untuk Kebijakan Luar Negeri, Yuri Ushakov mengatakan, topik bahasan Putin dan Kim mencakup berbagai bidang perekonomian, energi, transportasi, pertanian, hubungan antar kawasan, masalah keamanan, dan masalah kerja sama di kancah internasional.

Moskow dan Pyongyang telah bersekutu sejak Korea Utara (Korut) setelah Perang Dunia II. Kedua negara makin lengket, sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 2022.

Baca juga : Inggris Ditekuk Islandia, Harry Kane: Bagus Untuk Kami

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.