Dark/Light Mode

Hari Ini, Putin Terbang Ke Korut Temui Kim Jong Un, Mau Ngapain?

Selasa, 18 Juni 2024 05:04 WIB
Presiden Putin dan Presiden Korut Kim Jong Un (Foto: Getty Images)
Presiden Putin dan Presiden Korut Kim Jong Un (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan melakukan perjalanan ke Korea Utara (Korut), pada 18-19 Juni 2024.

Ini adalah kunjungan balasan Putin, setelah Kim Jong Un menyambangi Rusia dengan kereta antipeluru hijau besar miliknya pada tahun lalu. Rencana kunjungan ini telah dikonfirmasi Kremlin.

“Pada tanggal 18-19 Juni, Presiden Rusia akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Utara. Ini akan menjadi kunjungan kedua kepala negara Rusia ke Pyongyang, sepanjang sejarah hubungan Rusia-Korut. Programnya sangat intensif, " ungkap Staf Presiden Rusia untuk Kebijakan Luar Negeri Yury Ushakov, seperti dilansir TASS, Selasa (17/6/2024).

Baca juga : Cegah Haji Ilegal, Saudi Terapkan Check Point di 5 Titik Menuju Makkah

Ushakov menyebut, hubungan antara Moskow dan Pyongyang berkembang aktif dalam beberapa tahun terakhir.

Menurutnya, hubungan Rusia-Korut dibangun berdasarkan prinsip kesetaraan, penghormatan terhadap kedaulatan, dan jalur pembangunan yang dipilih. Serta kepentingan mendasar bersama.

Kunjungan Putin ke Korea Utara, menunjukkan keinginan Moskow untuk melakukan dialog dan kerja sama yang setara dengan semua negara.

Baca juga : Hari Ini, Alwi Farhan Cs Siap Kerja Keras Di Malaysia Masters

Kunjungan ini memiliki arti penting bagi hubungan bilateral dan perkembangan masa depan kedua negara.

“Kami juga ingin menunjukkan, Rusia mendukung dialog yang setara dan terbuka untuk kerja sama dengan semua negara. Terutama, dengan tetangga terdekat kami, terlepas dari segala upaya kolektif Barat Untuk menekan kami,” papar Ushakov.

Inti kunjungan kenegaraan Putin ke Korea Utara, akan dipaparkan pada 19.

Baca juga : Baru Mendarat Dari Amerika, Menteri AHY Terbang Ke Bali Hadiri WWF Siang Ini

“Secara resmi, kunjungan ini akan berlangsung selama dua hari. Presiden akan terbang ke Pyongyang pada Selasa (18/6/2024) malam hari. Seluruh bagian substantif dalam pertemuan dengan Kim Jong Un, akan disampaikan pada 19 Juni,” beber Ushakov.

Pertemuan Putin dan Kim Jong Un akan membahas berbagai topik. Mencakup berbagai bidang perekonomian, energi, transportasi, pertanian, hubungan antar kawasan, masalah keamanan, serta masalah kerja sama di kancah internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.