Dark/Light Mode

Ini Beberapa Aspek Penting Dalam Penyusunan Model Keuangan Yang Efektif

Rabu, 15 Mei 2024 18:15 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Financial Model atau model keuangan merupakan representasi matematis dari kinerja keuangan suatu perusahaan atau proyek, yang memungkinkan untuk memprediksi pertumbuhan perusahaan, pendapatan yang dihasilkan, dan dampak pengelolaan keuangan pada kesehatan perusahaan.

Managing Partner Corporate Finance & Management Consulting RSM Indonesia, Budi Martokoesoemo mengatakan, dalam era yang penuh dengan ketidakpastian ekonomi ini, pengembangan financial model yang efektif menjadi kunci untuk kesuksesan bisnis dalam jangka panjang.

“Financial model menjadi komponen yang sangat penting dalam perencanaan bisnis hingga pengambilan keputusan “ ujarnya dalam webinar RSM Indonesia bertajuk Basic Financial Modelling & Macro, dikutip Rabu (15/5/2024).

Sementara Senior Manager Corporate Finance RSM Indonesia, Syahadam Manaf, menyampaikan, terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pengguna model keuangan/perusahaan/manajemen, agar penyusunan model keuangan lebih efektif.

Seperti, evaluasi ketersediaan data informasi yang dapat diakses, identifikasi dan menentukan indikator kunci dengan menggunakan laporan audit.

Baca juga : BNI Dan TNI AD Perkuat Sinergi, Hadirkan Penyediaan Layanan Keuangan Terintegrasi

Kemudian, menentukan parameter keuangan dengan menghitung rasio historis, kerja sama dengan manajemen untuk memastikan alur bisnis dan model keuangan yang sesuai, informasi yang detail atas penjualan/pendapatan, biaya modal, dan biaya operasi.

“Dan setelah data-data parameter tersebut harus disesuaikan dengan kebijakan manajemen maupun data dari hasil due diligence,” tuturnya.

Selain itu, Syahadam menyampaikan perlunya melakukan analisis sensitivitas, salah satu analisa yang dapat digunakan yaitu Monte-Carlo analysis, yang dapat digunakan dalam berbagai keadaan.

Terakhir, perlunya membuat beberapa skenario tertentu jika dibutuhkan, dan melakukan peninjauan dengan manajemen untuk berbagai asumsi yang digunakan.

Sebagai catatan, setidaknya terdapat empat langkah utama dalam membangun sebuah model keuangan perusahaan.

Baca juga : Kemenperin Bongkar Kasus Penipuan Menggunakan SPK Fiktif

Dalam webinar dijelaskan bahwa empat langkah ini adalah, pertama, assumption and drivers, yang melibatkan penggunaan data historis untuk membuat asumsi dan menentukan faktor yang akan mempengaruhi model keuangan.

Kedua, income statement, yakni setelah menetapkan asumsi dasar, langkah setelahnya adalah memproyeksikan pendapatan perusahaan hingga mencapai laba bersih.

Diperlukan juga jadwal pendukung untuk menghitung biaya penyusutan dan bunga.

Ketiga, balance sheet, yang mencakup proyeksi aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan di masa depan serta perlu juga jadwal pendukung untuk mengelola modal kerja.

Keempat, statement of cashflow, yakni penyusunan laporan arus kas. Dengan menyusun laporan arus kas, dapat terlihat seberapa baik perusahaan menghasilkan dan menggunakan arus kas dalam operasinya.

Baca juga : Buruh Jadi Pahlawan Penggerak Ekonomi

Serta, kemampuan perusahaan untuk membiayai investasi dan memenuhi kewajiban keuangan.

Dengan asumsi-asumsi yang telah ditentukan serta penggunaan empat langkah tersebut secara tepat, maka model keuangan seharusnya sudah dapat mencerminkan keadaan perusahaan di masa yang akan datang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.