Dark/Light Mode

Dorong Partisipasi Pemuda, Uni Eropa Resmikan Youth Sounding Board Indonesia

Rabu, 26 Juni 2024 19:00 WIB
Delegasi Uni Eropa (EU) menyelenggarakan pertemuan perdana Youth Sounding Board (YSB) di Indonesia, sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan keterlibatan kaum muda pada kerja sama Uni Eropa-Indonesia pada Rabu (26/6/2024). (Foto: Ist)
Delegasi Uni Eropa (EU) menyelenggarakan pertemuan perdana Youth Sounding Board (YSB) di Indonesia, sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan keterlibatan kaum muda pada kerja sama Uni Eropa-Indonesia pada Rabu (26/6/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delegasi Uni Eropa (EU) menyelenggarakan pertemuan perdana Youth Sounding Board (YSB) di Indonesia, sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan keterlibatan kaum muda pada kerja sama Uni Eropa-Indonesia pada Rabu (26/6/2024).

Angkatan Youth Sounding Board Indonesia tahun ini terdiri dari 15 individu cemerlang berusia 18-25 tahun dari seluruh Indonesia yang akan berperan sebagai kelompok penasihat untuk Delegasi Uni Eropa.

Baca juga : Gaet Namirah Logistic, Lazada Permudah Akses Layanan Hingga Ke Pelosok Indonesia

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia H.E. Denis Chaibi mengatakan, generasi muda Indonesia penuh dengan potensi, dan memegang peran krusial untuk mewujudkan masa depan yang lebih sejahtera. Uni Eropa yakin bahwa dinamika demografi Indonesia merupakan elemen kunci untuk realisasi visi Indonesia Emas 2045.

"Delegasi Uni Eropa di Jakarta dengan bangga meluncurkan Youth Sounding Board, sehingga kerja sama kami dengan Indonesia dapat menjadi lebih partisipatif dan lebih relevan bagi kamu muda di seluruh negara. Program Youth Sounding Board tahun ini menerima ratusan lamaran, dan 15 anggota terpilih dari seluruh Indonesia telah melalui proses seleksi yang ketat. Selamat, dan mari kita bekerja sama!,” ujar Denis Chaibi dalam keterangan tertulis, Rabu (26/6/2024).

Baca juga : Putu Rudana: Uni Eropa Mau Investasi Hijau di Indonesia

Para anggota Youth Sounding Board akan menjalankan tugas mereka sepanjang 2024-2025, termasuk memberikan rekomendasi terhadap rencana dan kegiatan Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia untuk memastikan partisipasi dan pemberdayaan kaum muda, serta membangun jaringan dengan pemuda-pemudi dari berbagai wilayah di Indonesia untuk bertukar pengalaman dan keahlian.

Youth Sounding Board juga akan mengadakan pertemuan rutin untuk membahas isu-isu terkini dan hal-hal mendesak di mana YSB dapat memegang peran dalam menyuarakan solusi lokal dan berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan kapasitas yang diselenggarakan oleh Delegasi Uni Eropa.

Baca juga : Kembali Torehkan Prestasi Elite, BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 Di Indonesia

"Ke-15 anggota YSB merupakan aktivis muda dan perintis lokal di bidang lingkungan dan perubahan iklim, pendidikan, sains dan teknologi, hak asasi manusia, gender, kewirausahaan dan kesehatan," jelasnya.

Angkatan tahun ini terdiri dari delapan laki-laki dan tujuh perempuan, yang berasal dari provinsi Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat Daya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.