Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Publik Hongaria Terhipnotis Alunan Musik Gamelan Jawa

Selasa, 26 November 2019 08:06 WIB
Kelompok Gamelan Surya Kencana A saat tampil di Gedung Pertunjukan Trafo, Budapest, Hongaria, Sabtu (23/11). (Foto: KBRI Budapest)
Kelompok Gamelan Surya Kencana A saat tampil di Gedung Pertunjukan Trafo, Budapest, Hongaria, Sabtu (23/11). (Foto: KBRI Budapest)

RM.id  Rakyat Merdeka - Alunan musik gamelan yang dibawakan Kelompok Gamelan Jawa Surya Kencana A menggema di Gedung Pertunjukan Trafo di Budapest, Hongaria, Sabtu (23/11).

Penampilan kelompok gamelan asuhan KBRI Budapest itu sungguh memukau publik Hongaria. Para hadirin serasa terhipnotis oleh alunan musik tradisional Jawa itu.

"Saya merasa berada di dunia yang berbeda, begitu mendengar alunan musik tradisional Jawa ini. Tidak ada yang seperti ini!” ucap Eszter, salah seorang dari sekitar 400 penonton yang memenuhi Gedung Pertunjukan Trafo di Budapest, dengan penuh kekaguman.

Publik Hongaria, terpukau alunan gamelan Jawa (Foto: KBRI Hongaria)

Baca juga : Hanura Segera Tentukan Sikap Pasca Pemilu 2019

Seluruh nayaga (pemain gamelan, Red) dalam Kelompok Gamelan Jawa Surya Kencana ini, adalah warga Hongaria. Sebagian besar belajar bermain gamelan di perguruan-perguruan tinggi seni di Indonesia, melalui Beasiswa Darmasiswa RI yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

”Kami terus berupaya mempromosikan Indonesia di luar negeri melalui berbagai media, khususnya di Hongaria, lewat soft diplomacy berupa sentuhan seni budaya,” jelas Duta Besar RI untuk Hongaria, Bapak AH Dimas Wahab yang turut hadir beserta Ibu Dewi Dimas Wahab, dan seluruh Staf KBRI Budapest.

”KBRI Budapest selalu memberikan dukungan dan bantuan terhadap pihak-pihak, termasuk duta-duta dari Hongaria, yang mempropagandakan keindahan budaya Indonesia,” pungkas Dubes Wahab.

Baca juga : Perangi Ponsel Ilegal, Tiga Menteri Teken Aturan Bersama

 

Dubes RI untuk Hongaria, AH Dimas Wahab beserta istri, Dewi Dimas Wahab foto bareng penari tradisional Jawa di Gedung Pertunjukan Trafo, Budapest, Hongaria, Sabtu (23/11). (Foto: KBRI Budapest)

Konser kali ini sangat menarik dan dinamis, karena beberapa lagu dimainkan, untuk mengiringi penampilan beberapa tarian. Di antaranya Tari Gambyong Pareanom yang halus dari Surakarta, Tari Eko Prawiro dan Tari Menak Koncar yang gagah berani dari Mangkunegaran – Surakarta.

Kelompok Gamelan Surya Kencana berkolaborasi dengan para seniman mancanegara lainnya, seperti Mr. Pete Smith dari Oxford Gamelan Society, Inggris, Dr. Sara Weiss dari Amerika Serikat yang saat ini mengajar sebagai professor tamu di University of Music and Dramatic Arts, Graz, Austria serta penari dari Inggris kelahiran Jerman, Andrea Rutkowski dan Kis Veronika dari Hongaria.

Baca juga : Rugikan Negara Rp 20 M, Mantan Bupati Seruyan Jadi Tersangka

Tepuk tangan riuh berkepanjangan sampai standing ovation diberikan oleh para penonton, dari setiap lagu yang ditampilkan.

Selama hampir dua jam pertunjukan tanpa break, para penonton setia sampai akhir pertunjukan. Mereka tidak beranjak dari tempat duduknya masing-masing. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.