Dark/Light Mode

Tingkatkan Ekspor dan Investasi

KBRI Beijing Gelar Forum Bisnis di Chongqing

Kamis, 5 Desember 2019 14:48 WIB
Dubes Cina untuk Indonesia Djauhari Oratmangun memberi pidato pembuka Forum on Trade, Tourism and Investment di Crowne Plaza Chongqing Jiafangbei, Senin (2/12). (KBRI Beijing)
Dubes Cina untuk Indonesia Djauhari Oratmangun memberi pidato pembuka Forum on Trade, Tourism and Investment di Crowne Plaza Chongqing Jiafangbei, Senin (2/12). (KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan ekspor ke China, investasi ke Indonesia serta meningkatkan jumlah wisatawan China ke Indonesia, KBRI Beijing bekerja sama dengan Foreign Affairs Office Chongqing Municipal People’s Government dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Beijing menggelar "Indonesia-China (Chongqing) Business Forum on Trade, Tourism and Investment" di Crowne Plaza Chongqing Jiafangbei, Senin (2/12).

Forum Bisnis yang bertemakan "Doing Business with Wonderful Indonesia" ini dihadiri oleh hampir 200 pelaku usaha China dan Indonesia diawali dengan penampilan Tarian Saman oleh mahasiswa Indonesia di Chongqing.

Duta Besar Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa Indonesia dan Chongqing memiliki banyak peluang kerja sama yang sangat potensial di bidang-bidang pengembangan industri mobil, teknologi informasi dan komunikasi, dan kerja people to people contact khususnya pariwisata.

Baca juga : Tingkatkan Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut, Kemenhub Gelar Forum Puskodalnas

Vice-Mayor of Chongqing Municipal People's Government, Li Bo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan Forum Bisnis di Chonqging. 

Kegiatan tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan kerja sama Indonesia dan Chongqing di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi yang selama ini sudah berjalan dengan sangat baik.

Saat ini terdapat 8 perusahaan asal Chongqing yang telah melakukan investasi di Indonesia, salah satunya yaitu Sokon Group melalui PT Sokonindo Automobile yang telah memiliki pabrik mobil di Serang. 

Baca juga : Gelar Raker, APHI Genjot Ekspor dan Investasi Di Sektor Hutan

Dari sisi pariwisata, tercatat sebanyak 60 ribu wisatawan asal Chongqing telah berkunjung ke Indonesia. Sebagai salah satu dari 4 municipality di China,  Chongqing juga maju di sektor IT antara lain melalui pendirian Intelligent Technology Park oleh OPPO. Pada tahun 2018 nilai perdagangan Indonesia-Chongqing mencapai 1,2 miliar dolar AS.  

Forum Bisnis menghadirkan narasumber yang berasal dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Perdagangan, Kantor Perwakilan BI Beijing, Huawei dan Sokon Motor Group. Kegiatan diakhiri dengan sesi networking antara pelaku usaha kedua negara yang berminat menjajaki kerja sama lebih mendalam.

Seusai Forum Bisnis, Dubes Djauhari dan para pembicara diundang dalam suatu jamuan makan malam khusus Indonesia oleh Walikota Chongqing Tang Liangzhi beserta jajaran. 

Baca juga : Airlangga Cs Dikejar Target Tambal Defisit Perdagangan

Dalam jamuan tersebut, delegasi Indonesia dihibur dengan lagu "Sing Sing So" yang dibawakan oleh vokal grup anak-anak kota Chongqing. Dubes Djauhari juga membalas dengan menampilkan lagu "Sio Mama" bagi Walikota dan jajaran.

Jamuan juga dihadiri oleh Founder & Chairman Chongqing Sokon Industry Group Co Ltd, Zhang Xinghai yang menyampaikan minatnya untuk memperluas investasi di Indonesia. 

Sebagai catatan, kegiatan Forum Bisnis Indonesia-Chongqing masuk dalam salah satu agenda Asia-Europe Cooperation Dialogue Boao Forum for Asia (BFA), forum internasional bergengsi yang berkantor pusat di China. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.