Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ratusan Orang Hadiri Pagelaran Budaya Indonesia di Vatikan

Minggu, 15 Desember 2019 07:52 WIB
Penampilan grup Gong Wisnuwara yang semua anggotanya berkewarganegaraan Italia, memukau pengunjung pagelaran budaya di Vatikan. (Foto KBRI untuk Vatikan)
Penampilan grup Gong Wisnuwara yang semua anggotanya berkewarganegaraan Italia, memukau pengunjung pagelaran budaya di Vatikan. (Foto KBRI untuk Vatikan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar RI untuk Takhta Suci telah menyelenggarakan pagelaran budaya di Pontificio Collegio Missionario San Paolo Apostolo, Vatikan, Sabtu (14/12). Acara itu dihadiri ratusan orang. Mulai dari kalangan korps diplomatik, pejabat Vatikan, dan rohaniwan dan rohaniwati Indonesia dan asing yang berada di Italia.

Pagelaran budaya ini dimaksudkan untuk mempromosikan dan menyebarluaskan khazanah budaya Indonesia kepada masyarakat asing. Gambaran semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika juga tercermin dalam pagelaran budaya Indonesia yang berlangsung selama dua jam.

Baca juga : KBRI Moskow, Satu-satunya Kedubes di Rusia Yang Terima Penghargaan Budaya

Dalam pagelaran yang dibuka Duta Besar RI untuk Takhta Suci, Antonius Agus Sriyono, KBRI untuk Takhta Suci menampilkan tiga macam jenis kesenian, yaitu alat musik, tarian, dan nyanyian. Untuk penampilan alat musik, gamelan menjadi pilihan instrumen tradisional yang dimainkan. Hal istimewa dalam pertunjukan ini karena seluruh pemain gamelan yang berjumlah sepuluh orang merupakan warga negara asli Italia yang tergabung dalam grup gamelan Gong Wisnuwara.

Danielle yang fasih berbahasa Indonesia dan Jawa membuka penampilan Gong Wisnuwara dengan menyanyikan tembang jawa. Dalam suguhan tarian, terdapat delapan tarian tradisional dan dua tarian kontemporer yang dibawakan para penari dari Sanggar Mahadaya Tari Jakarta. 

Baca juga : Pencak Silat Siap Diperkenalkan di Kolombia

Tarian itu mewakili berbagai daerah di Indonesia dari timur hingga ke barat, yakni Papua, Kalimantan, Bali, Jawa, dan Sumatera. Ketika tarian dari Papua “Yospan” ditampilkan, penonton diajak menari bersama sehingga tepuk tangan terdengar bergemuruh. Sementara itu, untuk penampilan nyanyian, sekitar lima belas Rohaniwan dan Rohaniwati Indonesia membawakan dengan apik lima lagu daerah yang berasal dari Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, dan Papua. Tampilan grup ini ditutup dengan sebuah lagu dari Jawa Barat Pileuleuyan.

Sebagai penutup acara, para hadirin, khususnya yang berasal dari Indonesia, diajak berdiri untuk menyanyikan bersama lagu berjudul Tanah Air sebagai bentuk kecintaan kepada Indonesia. Para tamu juga disuguhi dengan berbagai macam kuliner khas Indonesia, seperti rendang, risol, kue lapis, dan mie goreng Jawa.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.