Dark/Light Mode

Pilpres AS 2020

Dana Kampanye Pete Buttigieg Jadi Bahan Debat Demokrat

Jumat, 20 Desember 2019 18:06 WIB
Pete Buttigieg (tengah) dalam debat Demokrat, Kamis malam (19/12). (Foto IST)
Pete Buttigieg (tengah) dalam debat Demokrat, Kamis malam (19/12). (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg jadi sasaran rivalnya dalam debat kandidat calon presiden kubu Demokrat. Dalam debat yang dilaksanakan di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis malam (19/12), para rivalnya mencoba menyerangnya seputar pendonor besar yang menyuntikkan dana kampanye untuk Buttigieg.

Senator Elizabeth Warren, Senator Bernie Sanders, Senator Amy Klobuchar dan bekas Wakil Presiden Joe Biden menyindir keputusan Buttigieg yang menerima suntikan dana secara tertutup. Sanders dan Warren menyindir, Buttigieg tidak menyadari betapa kejamnya dunia politik dan mudahnya seorang politisi terjebak korupsi jika sembarangan menerima dana dari miliarder.

Baca juga : Airlangga: Bamsoet Jadi Salah Satu Waketum Golkar

"Saya saja menerima sumbangan dari relawan dan pendonor yang jumlahnya tidak sampai ribuan dolar," ujar Warren.

Namun, Buttigieg membela diri, ia memang harus menerima suntikan dana besar jika ingin maju melawan Donald Trump dalam pilpres 2020. "Ini adalah salah satu cara kita mengalahkan Trump. Kita harus lakukan dengan berbagai cara yang kita bisa. Saya bisa kumpulkan dana besar," ujar Buttigieg membela diri.

Baca juga : Kogasma Dibubarkan, AHY Langsung Didapuk Jadi Waketum Demokrat

Trump tercatat mengumpulkan dana sebesar 300 juta dolar AS untuk kampanye. Sementara belum ada kandidat capres Demokrat yang bisa mengumpulknan dana sebesar itu. "Walikota Buttigieg pasti tidak banyak pendukung di masyarakat. Kalau punya pendukung besar, dia tidak perlu bertemu miliuner atau jutawan dalam pertemuan tertutup," sindir Warren.

Sanders juga memamerkan kalau dia bisa mengumpulkan 44 miliuner dan mendapat dana kampanye secara terbuka tanpa harus menerima secara sembunyi-sembunyi. Sementara itu, Joe Biden menyindir Buttigieg yang susah payah mengumpulkan dana kampanye tapi tidak bisa mengumpulkan dukungan banyak.

Baca juga : Cari Dana Kampanye, Trump Jualan Sedotan

"Saya pendonor maksimal memberi saya 43 dolar. Dan saya unggul dalam poling," pamer Biden dikutip AFP. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.