Dark/Light Mode

Duta Besar RI Untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi

Sambut 2020, Optimistis Genjot Kerjasama Ekonomi

Sabtu, 4 Januari 2020 09:20 WIB
Dubes  Salman  Al Farisi (tengah) saat membahas para pebisnis mempertimbangkan untuk berinvestasi di negara  Afrika. (Foto: KBRI Pretoria)
Dubes Salman Al Farisi (tengah) saat membahas para pebisnis mempertimbangkan untuk berinvestasi di negara Afrika. (Foto: KBRI Pretoria)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut tahun 2020 Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi optimistis dapat menggenjot hubungan kedua negara di bidang ekonomi.

Menurut Salman, situasi di Afrika Selatan sangat menantang bagi Indonesia untuk dapat penetrasi pasar lebih dalam dan membawa beragam produksi Tanah Air.

“Pada tahun 2019, beberapa indikasi positif sudah kita dapatkan, mulai dari komitmen beberapa perusahaan Tanah Air mengirimkan perwakilan di Afrika Selatan, hingga rencana investasi baru perusahaan Afrika Selatan ke Indonesia,” kata Salman dalam pidato membuka tahun 2020.

Menurut dia, beberapa perjanjian seperti Perjanjian Kerja Sama Pertahanan dan Mou Bidang Perikanan, sudah sampai proses akhir. “Kita harapkan tahun 2020 membawa perkembangan yang menggembirakan,” sambungnya.

Baca juga : Al Busyra Basnur Pidato di Depan 200 Mahasiswa Ethiopia

Sejak tahun 2015, tren perdagangan RI-Afrika Selatan menunjukan grafik yang fluktuatif. Salman Al Farisi tidak terlalu mengkhawatirkan neraca perdagangan RI-Afrika Selatan tahun 2018 yang menunjukkan surplus bagi pihak Afrika Selatan.

Pembelian barang modal yang meningkat dari Afrika Selatan menunjukkan kegiatan produktif di Indonesia, utamanya terkait kebutuhan pembangunan infrastruktur yang intensif beberapa tahun terakhir.

Dilansir Kemlu.go.id, Indonesia masih memiliki potensi besar untuk menambah ekspor non migas seperti produk otomotif, kelapa sawit serta produk makanan dan minuman ke negara-negara Afrika Sub Sahara. Hingga saat ini, kendala hambatan tarif masih dirasakan mengganjal hubungan dagang Indonesia dan Afrika Selatan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Cape Town, 18-19 Desember 2019, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan dan Industri Afrika Selatan, Ebrahim Patel.

Baca juga : Tertarik Program Desa Digital Jabar

Dalam pertemuan itu Menteri Patel menyambut baik rencana pembahasan Preferential Trade Agreement (PTA) antara RI dengan Afrika Selatan. Menteri Patel menginginkan langkah konkret dengan dimulainya studi tim teknis yang diharapkan dapat bertemu awal tahun 2020 di Indonesia.

Menteri Patel juga mengindikasikan beberapa potensi investasi oleh pebisnis Indonesia, terutama relokasi industri tekstil dan alas kaki. Situasi dan kondisi ekonomi Afrika Selatan dan negara sekitarnya dalam akreditasi KBRI Pretoria mempengaruhi strategi Indonesia memperluas pasar potensial bagi produk Indonesia.

Pengeluaran sektor rumah tangga yang rendah pada 2019 menunjukkan bahwa konsumen Afrika Selatan masih rentan secara finansial.

Selain tingkat pertumbuhan ekonomi yang melambat menjadi sekitar 0,7 per sen tahun 2019, Afrika Selatan menghadapi permasalahan tingkat pengangguran sebesar 29,1 persen yang menempatkannya sebagai negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia.

Baca juga : Semangat Kemerdekaan, Warga Lokal Ikut Lomba 17-an

Salman Al Farisi meyakini investment-led model sebagai salah satu mekanisme kerja sama antara kedua negara.

Para pebisnis Indonesia sudah harus mempertimbangkan melakukan investasi di negara-negara Afrika yang pada gilirannya akan meningkatkan ekspor.

Dengan membantu perekonomian negara setempat melalui pembukaan lapangan kerja baru, pada akhirnya akan meningkatkan awareness, demand dan daya beli atas produk-produk Tanah Air.

Hal ini di antaranya dapat dilakukan dengan mengekspor produk setengah jadi dari Indonesia, sedangkan proses finishing products dilakukan melalui kemitraan dengan pihak lokal. [NNM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.