Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot Target 17,5 Juta Turis Eropa, Indonesia Meriahkan Vakantiebeurs 2020

Jumat, 17 Januari 2020 21:24 WIB
Dubes RI untuk Belanda, I Gusti A Wesaka Puja (tengah), memberikan dukungan untuk promosi pariwisata Indonesia di Vakantiebeurs 2020 di Jaarbeuts, Uthrect, yang digelar pada 15-19 Januari 2020. (Foto: KBRI Den Haag)
Dubes RI untuk Belanda, I Gusti A Wesaka Puja (tengah), memberikan dukungan untuk promosi pariwisata Indonesia di Vakantiebeurs 2020 di Jaarbeuts, Uthrect, yang digelar pada 15-19 Januari 2020. (Foto: KBRI Den Haag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Eksotisme alam dan kekayaan budaya yang beraneka ragam, menjadikan Indonesia sebagai salah satu destinasi pariwisata terfavorit di dunia. 

Sebagai kelanjutan dari promosi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang didukung KBRI Den Haag kembali berpartisipasi dalam Vakantiebeurs ke-50, yang berlangsung pada 15-19 Januari 2020 di Jaarbeurs, Utrecht, Belanda.

Pada tahun lalu, acara ini sukses menarik 103.312 pengunjung dan 1.147 exhibitor dari 120 negara, selama lima hari pameran. Yang terdiri atas 2 hari trade day dan 3 hari consumer day.

Melihat hasil yang terbilang sukses tersebut, tidak salah jika event Vakantiebeurs merupakan wadah yang tepat untuk menjalankan strategi promosi, dalam rangka mendongkrak jumlah wisatawan untuk mencapai target 17,5 juta pengunjung pada 2020.

Sasaran Indonesia di Vakantiebeurs adalah wisatawan dari Eropa, khususnya Belanda. Sekadar info, tahun 2019, turis Belanda yang datang ke Indonesia berjumlah 202.116 orang (per November 2019) dengan pengeluaran rata-rata sebesar 1.866 dolar AS per kunjungan. Lazimnya, mereka menghabiskan waktu selama 17,52 hari.

Tahun ini, Indonesia kembali bertekad mempertahankan posisinya sebagai destinasi jangka panjang terbaik di pasar Belanda. Dengan menyoroti Bali dan 5 destinasi super-prioritas antara lain Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), dan Likupang (Sulawesi Utara).

Baca juga : Ronaldo Hattrick, Juventus dan Inter Milan Masih Ketat Bersaing

Duta Besar (Dubes) RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti A Wesaka Puja hadir dan menyatakan dukungan dalam acara tersebut. Ia menegaskan, KBRI Den Haag optimis, kesuksesan pada tahun 2019 akan tercapai kembali. Tentunya, dengan mempertimbangkan antusiasme pengunjung yang besar di paviliun Indonesia, yang tidak hanya datang dari berbagai daerah di Belanda. Tetapi juga negara-negara Eropa lainnya.

Ketertarikan wisatawan asing terhadap Indonesia, tidak terlepas dari kerja keras pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk terus mengembangkan berbagai destinasi wisata baru dan memaksimalkan promosi. Seperti Vakantiebeurs, ataupun melalui kegiatan-kegiatan serupa dan strategi lainnya.

“Melihat keseriusan Pemri untuk memaksimalkan event ini dengan menyuguhkan paviliun yang sangat indah dan menarik, tentunya kami sangat yakin kunjungan wisatawan asing dari Eropa di masa mendatang, akan terus meningkat. Apalagi, didukung dengan kesiapan di dalam negeri, dengan berbagai destinasi baru," papar Dubes Puja. 

"Promosi ini juga merupakan bagian dari diplomasi publik, yang tidak hanya mempopulerkan daya tarik Indonesia, tetapi juga mendukung penguatan hubungan people to people contact. Khususnya, ketika wisatawan mengunjungi beragam destinasi wisata di Indonesia," sambungnya. 

Sedikit berbeda dari tahun lalu, paviliun Indonesia mengangkat tema utama, yang menekankan pada komitmen pariwisata yang berkelanjutan. Dikombinasikan dengan promosi gastronomi Indonesia.

Pada tahun ini, Pemri bekerja sama dengan 18 industri pariwisata dari Indonesia, yang terdiri atas hotel/resort, operator tur, destination management company (DMC), dan Garuda Indonesia sebagai national carrier, merepresentasikan beragam destinasi yang sedang naik daun dan produk pariwisata inovatif lainnya.

Baca juga : Bamsoet: Insya Allah Indonesia Akan Jauh Lebih Baik di 2020

"Wonderful Indonesia menjadi lebih agresif dalam hal promosi. Terutama, karena kami yakin bahwa lima pengembangan destinasi super-prioritas, akan selesai tahun ini. Seperti yang diperintahkan oleh Presiden,” kata Nia Niscaya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Promosi di paviliun Indonesia terasa semakin lengkap, dengan turut dipromosikannya kuliner Indonesia. Di area kuliner seluas 120 m2, terletak di seberang pavilion utama, yang dijuluki “Wonderful Indonesia Terrace”, turut dihadirkan Chef Agus Hermawan dari Ron Gastrobar Indonesia.

Chef Agus Hermawan merupakan duta Ikon Kuliner Indonesia di Belanda. Untuk melengkapi pengalaman mini akan keindahan dan kekayaan budaya Indonesia, disuguhkan hidangan khas Ron Gastrobar yang sudah terkenal seperti Taco Ayam Besisit Bali, Ikan Kemiri, Rendang dan Sate Ayam.

The Terrace juga bermaksud untuk mendukung pencalonan Ubud sebagai prototipe UNESCO, untuk destinasi gastronomi Indonesia pada 2020.

Secara lengkap, aktivitas strategi promosi utama Wonderful Indonesia selama Vakantiebeurs 2020 dalam event ini meliputi partisipasi dalam travel congress (14 Januari 2020), workshop media (15 Januari 2020), business gathering dan networking (15 Januari 2020).

Selain itu, juga ada penampilan budaya dan aktivitas digital interaktif. Termasuk penampilan tari dan musik, parade kostum, serta body painting art.

Baca juga : Ini Kelebihan Dan Kekurangan Shin Tae Yong

Pangunjung juga ditantang untuk memacu adrenalin mereka, dengan aktivitas digital interaktif, yang memberikan sensasi berselancar di salah satu pantai di Indonesia.

Hospitality juga disediakan di sisi pojok khusus bagi pengunjung. Untuk mencicipi beragam varian kopi, minuman eksotis, dan camilan tradisional nusantara.

Event ini diharapkan mampu mendongkrak industri pariwisata di Indonesia. Wisatawan asing nantinya tidak hanyamenikmati pesona di setiap destinasi, tetapi juga mendapatkan kenyamanan di sana. Sehingga, mereka pulang ke negaranya,  dengan perasaan rindu ingin berlibur kembali ke Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.