Dark/Light Mode

Partai Komunis China Bakal Bikin Leading Group

Presiden Xi: Kita Harus Kompak Perangi Coronavirus

Sabtu, 25 Januari 2020 21:33 WIB
Presiden China, Xi Jinping (Foto: Instagram)
Presiden China, Xi Jinping (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Komunis China kini tengah menyiapkan langkah untuk membentuk leading group, guna memerangi new coronavirus atau virus Korona jenis baru, yang kini semakin merajalela.

Hal ini diputuskan oleh Komite Tetap Politbiro, yang merupakan pertemuan para pemimpin puncak partai, Sabtu (25/1). Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Presiden Xi Jinping.

Baca juga : Basuki Beberkan Visi dan Misi Presiden Di Bidang Infrastruktur

Leading group itu akan terdiri dari anggota Komite Sentral, dan diarahkan oleh Komite Tetap. "Orang-orang dari berbagai kelompok etnis dan sektor, harus kompak bekerja sama untuk mendukung upaya penanggulangan penyebaran virus mematikan ini," kata Presiden Xi dalam siaran TV pemerintah, CCTV, Sabtu (25/1).

Pertemuan tersebut juga memerintahkan pihak berwenang di semua level, untuk memastikan kecukupan pasokan di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, yang menjadi pusat penyebaran virus Korona jenis baru.

Baca juga : Defence Shifting Harus Jadi Pertimbangan Utama Menhan Baru

Langkah-langkah pengendalian yang tepat juga harus diadopsi untuk memantau pergerakan orang di kota. Pasar-pasar yang menjual produk pertanian, harus lebih sering diinspeksi. Perdagangan satwa liar harus dilarang. Tak kalah penting, orang-orang juga harus menghindari kerumunan.

Di China Daratan, virus ini telah menginfeksi lebih dari 1.300 orang dan mengakibatkan 41 orang meregang nyawa.

Baca juga : Menang Atas China, Fakhri Husaini Puji Kekompakkan Pemain Timnas U-19

Provinsi Qinghai, yang terletak di sebelah barat laut China, akhirnya mengkonfirmasikan kasus pertama virus Wuhan pada Sabtu (25/1).

Satu-satunya wilayah administrasi yang saat ini belum terjangkit coronavirus adalah Daerah Otonom Tibet. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.