Dark/Light Mode

Wuhan Coronavirus Makin Merajalela

WHO Sudah Tetapkan Status Darurat Internasional, AS Larang Warganya ke China

Jumat, 31 Januari 2020 11:45 WIB
Kota Wuhan di Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran new coronavirus di China, kini sepi bagai kota hantu. (Foto: SCMP)
Kota Wuhan di Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran new coronavirus di China, kini sepi bagai kota hantu. (Foto: SCMP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah AS resmi melarang warganya untuk tidak bepergian ke China, melalui travel advisory (larangan bepergian) Level 4 yang telah ditetapkan Kementerian Luar Negeri AS pada Kamis (30/1), menyusul angka kematian akibat kasus Wuhan coronavirus yang kini sudah menyentuh angka 213.

Ditambah lagi, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah menetapkan status darurat internasional dalam wabah penyakit tersebut, pada Kamis (30/1).

Baca juga : Tok, WHO Tetapkan Status Darurat Untuk Wuhan Coronavirus

Level 4 travel advisory atau larangan bepergian yang diberikan Kementerian Luar Negeri AS ini, mensejajarkan China dengan Irak dan Afghanistan.

"Jangan bepergian ke China, sehubungan dengan wabah coronavirus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China...," demikian pemberitahuan yang disampaikan dalam situs Kementerian Luar Negeri AS.

Baca juga : Bertambah, Jumlah Penderita Virus Wuhan di Hong Kong dan Macau

Saat ini, terdapat 204 kasus kematian di Hubei, provinsi yang menjadi pusat wabah coronavirus di China. Secara nasional, terdata 9.692 warga China daratan yang telah terinfeksi virus berbahaya itu. Secara global, ada 9.816 warga dunia di 22 negara, yang telah terjangkit virus tersebut. Sejauh ini, tidak ada kasus kematian yang dilaporkan di luar China. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.