Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Delegasi Wantimpres Disambut Upacara Budaya Maori di Selandia Baru

Sabtu, 15 Februari 2020 16:26 WIB
Wantimpres  didampingi Dubes Indonesia Untuk Selandia Baru Tantowi Yahya disambut hangat dengan upacara budaya Maori, Powhiri, Jumat (14/2) di Te Marae, Hawkes Bay. (Foto: KBRI Wellington)
Wantimpres didampingi Dubes Indonesia Untuk Selandia Baru Tantowi Yahya disambut hangat dengan upacara budaya Maori, Powhiri, Jumat (14/2) di Te Marae, Hawkes Bay. (Foto: KBRI Wellington)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedekatan masyarakat Indonesia dan Maori terlihat pada saat Delegasi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) disambut hangat dengan upacara budaya Maori, Powhiri pada hari Jum’at (14/2) di Te Marae, Hawkes Bay.

Pada kesempatan tersebut pimpinan Delegasi Sidarto Danusubroto menerima ‘toku’ daun yg diambil di permukaan tanah sebagai tanda diterimanya rombongan untuk masuk ke Te Marae.

Te Marae adalah rumah adat untuk tempat pertemuan dan kegiatan komunitas Maori. Hawkes Bay adalah rumah bagi beberapa Komunitas Maori terbesar.

Pada tanggal 9 November 2019 Te Marae ini diberikan oleh Komunitas Maori di Hawkes Bay sebagai hadiah kepada masyarakat Indonesia, yang diwakili oleh Duta Besar RI Tantowi Yahya, dalam upacara powhiri pula.

Baca juga : Tiba di Hawke`s Bay, Delegasi Wantimpres Disambut Upacara Budaya Maori

Indonesia adalah negara pertama yang mendapatkan penghargaan seperti ini. Karena sudah dianggap sebagai bagian dari mereka, Dubes Tantowi diminta sebagai tuan rumah dalam pertemuan dengan delegasi Wantimpres yang berlangsung di bawah cuaca cerah.

Mewakili tuan rumah menyampaikan terima kasih kepada delegasi yang hadir dalam sambutannya. Ipang Wahid, yang ikut dalam rombongan diminta mewakili Delegasi menyampaikan sambutan.

Yang bersangkutan menyampaikan kegembiraannya dan berterima kasih kepada Komunitas Maori yang merupakan kerabat dekat bangsa Indonesia. Kesamaan budaya, lagu, tari dan bahasa membuat kedua bangsa ini mempunyai Ikatan emosional.

Setelah pertemuan di Marae, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan hidangan makanan Maori yang lezat antara lain berupa ayam panggang, labu rebus, kentang bakar dan salad.

Sebanyak 40 tamu undangan dari warga Indonesia dan Maori, Ratu Pa Ariki, Mantan Konsulat asal Maori di Cook Island, Kepala Suku Maori di Hawkes Bay menikmati makanan dan hiburan yang ditampilkan.

Baca juga : Presiden Jokowi Disambut Upacara Kenegaraan di Government House, Canberra

Hiburan dibawakan oleh warga Maori, Cook Islands, delegasi dan tamu undangan, termasuk Dubes RI Tantowi. Dubes yang penyanyi ini menyanyikan lagu Mimpi Sedih yang sangat popular di Pasifik.

Lagu ini diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di Pasifik. Tantowi kemudian mengundang tamu-tamu dari Selandia Baru dan Cook Islands untuk ikut bernyanyi dalam bahasa mereka. Delegasi Indonesia kemudian ikut nimbrung.

Terjadilah lagu yang sama dinyanyikan dalam tiga bahasa. Sungguh indah bagaimana musik bisa dengan mudah mempersatukan bangsa-bangsa.

Delegasi Indonesia dibawah pimpinan mantan Menaker, Hanif Dhakiri mengakhiri pertemuan dengan menyanyikan lagu Yamko Rambe Yamko. Suasana cair dan akrab membuat para tamu enggan mengakhiri acara.

Baca juga : Rapat Dengan Wapres, Tito Bahas Peran Kemendagri Tangani Stunting

Tantowi Yahya, Dubes RI untuk Selandia Baru yang juga Dubes Keliling RI untuk Pasifik menjelaskan bahwa Diplomasi Budaya adalah diplomasi yang menjadi andalan KBRI Wellington dalam mendekatkan Indonesia dengan masyarakat di Pasifik. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.