Dark/Light Mode

Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Mafasumi Ishii

Rayakan Ultah Kaisar Naruhito, Plus Promo Olimpiade dan Paralimpiade

Rabu, 19 Februari 2020 15:53 WIB
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii.
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengadakan resepsi HUT Kaisar Naruhito di Jakarta. Resepsi ini adalah yang pertama kalinya di era Reiwa. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu nasional kedua negara.

Kaisar Naruhito adalah putra Kaisar Akihito yang turun tahta pada pertengahan tahun lalu. Ulang tahun Naruhito adalah pada 23 Februari mendatang.

"Kaisar Naruhito naik tahta pada 19 Mei 2019, dan para hari itu pula, era baru, Reiwa dimulai. Kami merasa beruntung bisa menyaksikan momen bersejarah tersebut," kata Duta Besar (Dubes) Mafasumi Ishii dalam pidato pembukaannya, Selasa (18/2).

Dubes Masafumi Ishii mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu dalam memperingati Hari Nasional Jepang ini. Faktanya, kata dia resepsi kali ini spesial, karena ada banyak hal baru yang akan dirayakan. Selain merayakan Ulang Tahun Kaisar, hal berikutnya yang patut dirayakan, katanya adalah, diselenggarakannya Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga : Jadi Model Pijat Kepala Promosi Spa Tradisional

"Satu kebahagiaan lain adalah dalam lima bulan ke depan, Jepang untuk kedua kalinya akan menjadi tuan rumah sebuah peristiwa sejarah lainnya, yaitu Olimpiade dan Paralimpiade," katanya.

Masafumi Ishii menyatakan, meski ada masalah Virus Corona, namun Olimpiade akan tetap berjalan sesuai jadwal. Olimpiade Musim Panas 2020 rencananya berlangsung pada akhir Juli hingga awal Agustus 2020, sementara Paralimpiade rencananya akan berlangsung pada akhir Agustus hingga awal September.

"Saya pikir demikian. Saya pikir semua orang berharap situasi ini segera dapat dikendalikan," katanya lagi.

Dalam mempromosikan Olimpiade, Jepang menampilkan iklan olahraga yang inklusif merangkul berbagai golongan. Legenda badminton Susi Susanti dan Alan Budikusuma juga turut diundang di acara ini, untuk secara simbolis menyambut olimpiade.

Baca juga : Cita Rasa Manado Meriahkan Natal Bersama Ratusan WNI

Masafumi Ishii menambahkan, hal terakhir yang patut dirayakan adalah dimulainya periode kedua Presiden Jokowi. Pada periode kedua ini, katanya, lebih banyak pembangunan infrastruktur, lebih banyak membuka peluang investasi, dan lebih banyak kegiatan ekspor-impor. Ia juga menyatakan harapannya mengenai hubungan Indonesia dan Jepang.

Menurut Masafumi Ishii, Indonesia dan Jepang memiliki banyak kesamaan nilai dan tujuan strategis. Oleh karena itu dia berharap, agar hubungan kedua negara bisa semakin mesra di era baru ini. "Sebenarnya nama era baru Reiwa mempunyai arti 'keselarasan yang indah', dan saya percaya tidak ada kata lain yang lebih tepat untuk menggambarkan keadaan hubungan kedua negara kita saat ini selain dari dua kata tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto yang mewakili pemerintah menyampaikan doa, agar Kaisar Naruhito sehat selalu, dan masyarakat Jepang selalu makmur. Politisi Golkar ini menyatakan, Indonesia selalu menganggap hubungan dengan Jepang sebagai hal yang penting.

Airlangga berharap, hubungan baik yang ada di era sebelumnya, yakni era Heisei dapat terus berlanjut. "Saya percaya bahwa hubungan ini akan berlanjut untuk berkembang di bawah Kaisar Naruhito di era Reiwa. Reiwa berarti "keselarasan yang indah". Pengertian mirip dengan kerja sama antara Indonesia dengan Jepang," kata Airlangga.

Baca juga : Kutu Buku Penyuka Ayam Betutu

Sejumlah tokoh menghadiri HUT Kaisar Jepang. Di antaranya adalah menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju dan mantan menteri Kabinet Kerja. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla turut hadir dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, serta Menteri ESDM Arifin Tasrif yang pernah menjadi Dubes Jepang. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga tampil mengenakan jas ungu.

Utusan negara sahabat, seperti Dubes Uni Eropa untuk ASEAN Igor Driesmans, dan kepala perwakilan Taiwan di Indonesia John Chen terpantau hadir. Plt. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah juga hadir. [NDA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.