Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Thailand

KBRI Bangkok Gelar Batik Workshop

Jumat, 24 Januari 2020 16:53 WIB
Suasana Batik Workshop di Bangkok, Thailand. (Foto KBRI Bangkok)
Suasana Batik Workshop di Bangkok, Thailand. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand berkolaborasi dengan Queen Sirikit Museum of Textiles (QSMT) menggelar Workshop Batik pada 23-26 Januari 2020. Batik workshop merupakan salah satu kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Thailand.

“Sebagai Duta Besar Indonesia yang berlatarbelakang etnik Jawa, saya sangat berbangga hati dengan kegiatan pameran dan lokakarya batik," kata Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi ketika membuka  acara Batik Workshop, Kamis (23/1), dalam keterangan untuk RMco.id.

Dubes Rusdi juga menggarisbawahi arti penting batik sebagai salah satu bentuk seni dan kerajinan serta bukti kreativitas agar tidak lekang oleh waktu. Hal ini senada dengan tema peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Thailand “Innovation and Creativity” di tahun 2020. 

Baca juga : KBRI Bangkok-Kemlu Thailand Luncurkan Logo 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Pembukaan Batik Workshop dilaksanakan bersamaan dengan private viewing rotasi koleksi Batik Jawa Raja Rama V (King Chulalongkorn of Siam) yang dipamerkan di QSMT sejak 29 Oktober 2018. 

Wakil dari keluarga Kerajaan Thailand Thanpuying Charungjit Teekara bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi, dan Deputi Dirjen Asia Timur Kemenlu Thailand menghadiri kegiatan ini, beserta wakil instansi terkait, asosiasi bisnis, friends of Indonesia, Diaspora Indonesia, International Women Club dan media.

Selama hampir 1 tahun 3 bulan dipamerkan, Batik Jawa menjadi daya tarik bagi pengunjung Museum, baik masyarakat Thailand maupun turis mancanegara, terlebih lagi QSMT ini terletak di dalam kompleks Grand Palace, yang merupakan destinasi wisata utama di kota Bangkok. Untuk itulah, melalui kolaborasi KBRI Bangkok dan QSMT, didatangkan dua pembatik dari Kesultanan Yogyakarta sebagai narasumber Batik Workshop. 

 

Baca juga : Hujan Deras Tahun Baru, Perumahan Di Pondok Gede Banjir

Dengan Rotasi dan Workshop ini pengunjung Museum dapat menikmati keindahan dan keagungan Batik Jawa, koleksi Raja Rama V serta sekaligus mengetahui dan mempelajari teknik membuat Batik yang merupakan salah satu Warisan Budaya Tak Benda UNESCO ini. 

Pada acara ini para tamu juga dapat melihat penampilan Tari Merak dan Tari Bhayangkari yang dibawakan para siswi dari Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), serta menikmati aneka jajanan dan kue khas Indonesia.

Selanjutnya, para tamu mengikuti tour dan berpartisipasi dalam Batik Workshop untuk secara langsung terlibat dalam proses pembuatan batik yang menghadirkan dua pengrajin batik dari Yogyakarta dengan membawa perlengkapannya seperti kain, canting, dan lilin. [MEL]              

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.