Dark/Light Mode

Kanada Tutup Pintu Buat Warga Asing, Kecuali AS

Selasa, 17 Maret 2020 11:54 WIB
PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Instagram)
PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan menutup akses kedatangan seluruh warga asing atau permanent resident, untuk menekan laju penyebaran virus Corona atau Covid-19, Senin (16/3).

Namun, aturan ini tidak berlaku bagi Amerika Serikat (AS). Warga Negeri Paman Sam masih dibolehkan menyeberang ke Kanada.

Baca juga : Anies Gercep

"Untuk saat ini, aturan tersebut tidak berlaku bagi warga AS," ujar Trudeau kepada pers di Ottawa, seperti dilansir USA Today, Selasa (17/3).

Aturan tersebut juga melarang penerbangan internasional mengakses empat bandara Kanada: Toronto, Montreal, Calgary, dan Vancouver.

Baca juga : Waspada Wabah Corona, Australia Tutup Pintu Buat Warga Asing dari Iran

Namun, pesawat yang datang dari kota-kota di AS tak masuk dalam pembatasan tersebut.

Seperti dilansir USA Today, pada hari yang sama, Presiden AS Donald Trump juga melarang warganya melakukan perjalanan yang tidak penting. Kementerian Luar Negeri dan Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC) pun merekomendasikan warga Negeri Paman Sam untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Baca juga : Wakil PM Malaysia Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Ashraf, Suami BCL

Namun, perbatasan AS dan Kanada tidak ditutup. Fakta ini tentunya mematahkan rumor yang menyebut, virus Covid-19 telah mengunci perbatasan AS-Kanada. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.