Dark/Light Mode

Di Tengah Wabah Corona

Alhamdulillah, 163 WNI di Ethiopia Sehat Walafiat

Senin, 30 Maret 2020 22:00 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Ethiopa Al Busyra Basnur.
Duta Besar Indonesia Untuk Ethiopa Al Busyra Basnur.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah corona menjalar hampir ke seluruh dunia. Tak terkecuali di Ethiopia. Di negara ini sudah 32 kasus positif corona ditemukan. Namun alhamdulillah, 163 warga kita yang tinggal di sana masih sehat walafiat. 

Sekadar info, saat ini ada 92 WNI yang bekerja di tiga pabrik tekstil di Hawassa Industrial Park, Ethiopia. Tiga pabrik tekstil itu adalah milik dua perusahaan Indonesia masing-masing Century Garment Plc dan Sumbiri Intimate Apparel Plc. Sisanya adalah perusahaan asing, TAL Plc. 

Masyarakat Indonesia itu sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 3 bulan sampai dua tahun. Sebagian besar mereka bekerja selama 1 sampai 2 tahun. Namun alhamdulillah, hingga Senin (30/03) seluruh WNI kita masih sehat. 

Baca juga : Alhamdulillah, 10 Warga Kota Depok Sudah Sembuh Covid-19

Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika setelah melakukan video meeting dengan tiga pimpinan perusahaan tersebut pada Senin sore (30/2), yaitu Joseph Jaya Kumar dari P.T. Century Garment Plc., Rodolfo Angala dari P.T. Sumbiri dan Iksan Santoso Supadi dari P.T. TAL. 

Hawassa Industrial Park adalah sebuah kawasan industri yang diperuntukkan bagi perusahaan asing yang melakukan investasi di Ethiopia. Kawasan industri ini terletak di kota Hawassa, 273 km selatan ibu kota Ethiopia, Addis Ababa. 

“Kami mengadakan pertemuan melalui video dengan pimpinan perusahaan tersebut guna memastikan masyarakat Indonesia yang bekerja di perusahaan mereka dalam keadaan baik dan aman sehubungan dengan wabah COVID-19. Kami mencatat bahwa perusahaan tersebut telah melakukan berbagai persiapan dengan baik dalam mengantisipasi kemungkinan berkembangnya COVID-19 lebih luas di Ethiopia,” kata Duta Besar Al Busyra.

Baca juga : Alhamdulillah, 13 Pasien Corona Di Jatim Sembuh

Pada kesempatan itu, Duta Besar Al Busyra Basnur juga menyampaikan berbagai pesan dan harapan kepada pimpinan perusahaan bagi keselamatan pekerja masyarakat Indonesia. 

Sekadar info, sampai Senin (30/3) baru terdapat 23 kasus positif COVID-19 di Ethiopia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan kebijakan untuk mengatasi penyebaran virus di Ethiopia. 

“Masyarakat Indonesia di Ethiopia berjumlah 163 orang. Syukur, semuanya sampai sekarang berada dalam keadaan sehat, baik dan aman. Kami juga rutin menelpon masyarakat Indonesia untuk menanyakan keadaan mereka dan berbagi informasi terkini,” kata Duta Besar Al Busyra. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.