Dark/Light Mode

Diduga Tertular Petugas, Harimau di Kebun Binatang New York Kena Corona

Senin, 6 April 2020 08:29 WIB
Harimau Malaya di Kebun Binatang Bronx, New York, AS (Foto: Getty Images)
Harimau Malaya di Kebun Binatang Bronx, New York, AS (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Harimau Malaya berusia 4 tahun di Kebun Binatang Bronx, New York, AS dinyatakan positif Corona. Hal ini telah dikonfirmasi National Veterinary Services Laboratory di Iowa.

"Nadia dan saudaranya Azul, serta dua harimau Amur dan tiga singa Afrika, mengalami batuk kering. Diharapkan, mereka bisa segera pulih sepenuhnya," demikian pernyataan National Veterinary Services Laboratory, Iowa seperti dikutip BBC, Senin (6/4).

Harimau-harimau yang kini mengalami penurunan nafsu makan itu, diduga tertular dari petugas kebun binatang, yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala. 

Baca juga : Angka Pemakaman di DKI Naik Tajam di Bulan Maret, Karena Corona?

"Kami melakukan pengujian kepada Nadia dengan sangat hati-hati. Kami pastikan, pengetahuan tentang Covid-19 yang telah kami dapatkan akan membantu dunia memahami novel coronavirus," begitu bunyi pernyataan Kebun Binatang Bronx, Minggu (5/4).

Sejauh ini, tidak diketahui bagaimana Covid-19 dapat menginfeksi harimau dan singa. Mengingat masing-masing spesies memiliki reaksi yang berbeda terhadap virus baru tersebut. Tapi yang pasti, seluruh hewan di Kebun Binatang Bronx kini berada dalam pengawasan ketat.

Seluruh hewan yang terinfeksi, kini dikarantina di area Kebun Binatang Tiger Mountain. 

Baca juga : Kewenangan LPS Bertambah Di Perppu Penanganan Corona

Empat kebun binatang yang dioperasionalkan oleh Wildlife Conservation Society di New York, termasuk Bronx, telah ditutup sejak 16 Maret lalu. Berbagai langkah antisipasi untuk melindungi seluruh hewan dan petugas dari ancaman wabah Covid-19, akan segera diberlakukan.

"Di AS, sejauh ini tak ada bukti manusia dapat tertular Covid-19 dari hewan. Termasuk, anjing dan kucing peliharaan," ujar pihak Kebun Binatang.

Terkait hal ini, para ahli konservasi mengingatkan, virus Corona dapat menjadi ancaman bagi sejumlah satwa liar seperti kera besar, gorila, simpanse, dan orangutan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.