Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelombang Kedua Pemulangan WNI Terdampar di Thailand ke Indonesia

Jumat, 24 April 2020 10:38 WIB
KBRI Bangkok memfasilitasi kepulangan WNI dengan Garunda Indonesia ke Tanah Air. (Foto KBRI Bangkok)
KBRI Bangkok memfasilitasi kepulangan WNI dengan Garunda Indonesia ke Tanah Air. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok kembali memfasilitasi kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) stranded atau terdampar di Thailand pada 23 April 2020.

Kepulangan WNI terdampar gelombang kedua dilaksanakan melalui kerja sama Garuda Indonesia yang menggunakan izin khusus repatriasi atau pemulangan WNI ke Tanah Air dari pihak otoritas Indonesia dan Thailand.

Baca juga : Gandeng Garuda, KBRI Bangkok Pulangkan 356 WNI Terdampar di Thailand

Sejumlah 66 WNI yang mayoritas merupakan siswa program magang dan pertukaran pelajar kembali ke Indonesia pada penerbangan kali ini. Di tengah situasi ketidakpastian pembukaan kembali rute penerbangan internasional di Thailand, penerbangan khusus Garuda Indonesia ini sangat membantu kepulangan WNI stranded ke Indonesia.

"KBRI Bangkok juga mendorong sejumlah siswa magang untuk menyegerakan kepulangan mereka ke Indonesia sebagai antisipasi perpanjangan masa pelarangan akses commercial flights ke dan dari Thailand," pernyataan KBRI Bangkok.

Baca juga : Jaga Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Tengah Badai Corona

Raja Herfana, salah satu mahasiswa dari Yogyakarta yang ikut dalam penerbangan tersebut menyampaikan apresiasi atas fasilitasi KBRI Bangkok yang memungkinkan kepulangan mereka ke Indonesia, di tengah kebijakan pelarangan akses Pemerintah Thailand.

"Sebagaimana gelombang pertama pada 20 April lalu, penerbangan kali juga ditujukan bagi WNI utamanya siswa magang dan pertukaran pelajar serta wisatawan Indonesia yang telah memiliki tiket. Saat ini, masih terdapat sejumlah WNI yang di Thailand, di antaranya mereka yang masih menunggu masa ujian dan berharap kembali ke tanah air Mei mendatang," bunyi pernyataan itu lagi.

Baca juga : Tiga KBRI di Eropa Fasilitasi Kepulangan 18 WNI dari Polandia

KBRI Bangkok senantiasa terbuka untuk memfasilitasi WNI yang membutuhkan di tengah keterbatasan yang ada. Berbagai informasi dan pelayanan KBRI dapat diaskes melalui berbagai saluran komunikasi seperti layanan hotline, email, dan media sosial. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.