Dark/Light Mode

Pasca Pandemi Corona, Polri Siap Tingkatkan Pariwisata Indonesia

Kamis, 16 April 2020 18:47 WIB
Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto. (Foto: Tribratanews Polri)
Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto. (Foto: Tribratanews Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan siap membantu Kementrian Pariwisata dan Kementrian Ekonomi Kreatif untuk meningkatkan pariwisata Indonesia setelah pendemi Covid–19 berakhir.

Kabaharkam juga melaksanakan kunjungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio di kantornya Jalan Medan Merdeka Barat No 17, Jakarta, Kamis (16/4).

Dalam kunjungan tersebut, Kabaharkam Polri didampingi oleh Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol. Bambang Ghiri dan Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol. Wahyudi Hidayat.

Baca juga : Imbas Wabah Covid-19, Pemerimaan Devisa Pariwisata Bisa Anjlok 50 Persen

Saat ini pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi sektor pariwisata. Sekitar 50 juta pekerja di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, formal dan informal, terdampak wabah ini.

Pada kesempatan tersebut Kabaharkam Polri menegaskan komitmen Polri selalu mendukung kebijakan pemerintah termasuk di sektor pariwisata.

“Pariwisata sangat strategis dalam meningkatkan pemasukan negara. Polri mendukung Kementerian Parekraf dengan siap mengamankan tempat-tempat pariwisata dan membantu Menteri Parekraf,” ungkap Kabaharkam Polri.

Baca juga : Cegah Corona, Relawan Jokowi Semprot Disinfektan Ke Tempat Ibadah

Setelah pandemi corona atau Covid-19 berlalu, Polri akan mempersiapkan, membenahi, dan merapikan kantor-kantor polisi dalam rangka memberikan pelayanan kepada wisatawan baik kantor Polres, Polsek, Pospol, pos bandara, pos pelabuhan, dan pos-pos pelayanan lainnya.

Polri juga akan mempersiapkan serta mencukupi kebutuhan dan melatih personel dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan. Termasuk di antaranya mendesain ulang seragam polisi yang bertugas di obyek wisata agar lebih ramah bagi wisatawan.

Kerjasama antar-instansi pemerintah diperlukan di sektor pariwisata termasuk bantuan dukungan dari Polri terutama terkait aspek keamanan. Menparekraf berharap Polri bisa menjadikan pariwisata Indonesia hijau di radar.

Baca juga : Pandemi Covid-19 Makin Parah, Oposisi Minta Turki Bebaskan Pendukung Gulen dari Penjara

"Dengan demikian pendapatan negara dan masyarakat akan meningkat, mengingat pendapatan negara terbesar kedua adalah dari pariwisata walaupun dengan situasi kuning," pungkas Kabaharkam. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.