Dark/Light Mode

Dubes Jerman Peter Schoof Puji PSBB dan Larangan Mudik

Rabu, 29 April 2020 04:02 WIB
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof

RM.id  Rakyat Merdeka - Segala cara diupayakan Pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Salah satu langkah yang diambil adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah diberlakukan sejumlah wilayah di Indonesia.

Langkah ini disambut baik Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof. “Saya pikir Indonesia juga seperti Jerman telah mengambil pelajaran dari negara lain dalam menangani pandemi ini. PSBB yang diber- lakukan di Indonesia, dari sudut pandang kami, sangat baik dan sangat diperlukan,” ujarnya dikutip dari DW.

Baca juga : Anies Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 22 Mei 2020

Schoof juga memuji langkah tegas Pemerintah Indonesia melarang mudik warganya. “Karena larangan ini untuk mencegah penyebaran virus lebih jauh, dan ini sangat berguna,” lanjutnya.

“Kita tentu belum tahu bagaimana situasi berkembang ke depan seiring berjalannya Ra- madhan. Tetapi pada prinsipnya, membatasi pergerakan yang dapat menyebarkan virus ini secara eksponensial ke wilayah lain di negara ini, saya pikir merupakan hal yang tepat.”

Baca juga : Permenhub Sedang Disusun, Larangan Mudik Berlaku Mulai 24 April

Dubes yang baru kali pertama ngepos di Asia ini juga mendukung niatan pemerintahan Presiden Joko Widodo yang ingin menambah jumlah cakupan pelaksanaan tes Covid-19 di masyarakat. “Jumlah tes yang dilakukan di Indonesia dibandingkan dengan jumlah populasi masih sangat rendah. Saya pikir niatan Presiden Jokowi untuk benar- benar menjadikan ini sebagai prioritas dan memper- luas cakupan tes sudah bagus,” dukungnya.

Ia pun memuji Pemerintah Indonesia yang terus bergerak melakukan berbagai cara menahan virus corona menyebar ke Tanah Air. “Berbeda dengan Jerman. Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau dan ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam situasi ini. Kami dukung Pemerintah Indonesia dalam menangani kondisi ini,” ujar Dubes yang masih di Jakarta saat ini. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.