Dark/Light Mode

Bantu Atasi Covid-19, Kaum Borju Filipina Disayang Duterte

Rabu, 6 Mei 2020 08:26 WIB
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Istimewa)
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kini berdamai dengan para orang kaya di negaranya. Alasannya, karena pemimpin yang dikenal kontroversial ini merasa terbantu kaum borju saat menghadapi wabah Covid-19.

Sebelumnya Duterte bertengkar dengan Jaime Augusto Zobel, yang mengontrol Ayala Corp dan Manuel Pangilinan yang memiliki perusahaan investasi Metro Pacific Investments Corp.

Baca juga : LBH Jakarta: Ada Wabah Covid-19, Tunawisma Perlu Diberi Tempat Tinggal Sementara

Beberapa bulan lalu, kedua keluarga konglomerat ini diancam akan dimejahijaukan Duterte karena masalah kontrak air bersih yang dinilai telah merugikan negara. Bukan hanya itu, Duterte juga menuduh mereka menyabotase perekonomian. Namun perusahaan air minum milik keduanya membantah tuduhan ini.

Belakangan, karena kedua keluarga kaya tersebut sudah mau membantu negara melawan wabah corona, Duterte pun melunak. “Dengan respons baik yang Anda berikan, merupakan hal yang bernilai bagi kami,” ujar Duterte dalam pernyataan resminya Senin (4/5) dikutip Reuters, kemarin. “Saya minta maaf atas kata kata saya yang menyakitkan,” sambungnya.

Baca juga : Update Covid-19: Hampir 200 Ribu ODP Selesai Dipantau

Perusahaan milik kedua taipan Filipina tersebut berkomitmen memberikan bantuan keuangan kepada ribuan karyawan. Mereka juga menyiapkan bantuan untuk pemerintah untuk mencegah penularan virus corona.

Pemerintahan Duterte bersusah payah membiayai kebutuhan warga Filipina yang kehilangan pekerjaan. Mereka terancam mengalami kelaparan seiring diperpanjangnya lockdown.

Baca juga : Stop Penyebaran Covid-19, Filipina Bebaskan Hampir 10 Ribu Napi

Hingga kemarin, situs worldometers.info mencatat virus corona telah menginfeksi hampir 10.000 warga Filipina, sebanyak 623 di antaranya meninggal. “Kami yakin dengan kerja sama yang kuat antara sektor swasta dan negeri akan mem bantu menyelesaikan masalah di negara ini,” ujar Zobel dalam pernyataan resminya.

Pangilinan juga menyampai kan terima kasih kepada Duterte yang telah mau membuka diri kepada perusahaannya yang mau membantu melawan dampak Covid19. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.