Dark/Light Mode

Update Covid-19: Kasus Kematian Baru Tinggal 1 Digit, Sayangnya Kasus Positif Melonjak Lagi

Selasa, 28 April 2020 16:30 WIB
Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)
Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Angka kematian akibat Covid-19 dalam beberapa hari terakhir terus turun. Dari dua digit, menjadi satu digit per hari ini. Sayangnya, jumlah kasus baru yang positif malah melonjak.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 ini seiring dengan bertambahnya jumlah spesimen yang diperiksa. Dibanding kemarin, ada penambahan sekitar 4 ribu spesimen yang diperiksa dalam sehari. Dari 75 ribu spesimen menjadi 79.618 spesimen per hari ini. Dari 56.974 pasien menjadi 62.544 orang yang sudah diperiksa. 

Baca juga : Ditengah Covid-19, Generali Rilis Layanan Digital Fitur Dokter Leo

Dari 4 ribu lebih spesimen yang diperiksa, sejak pukul 12 kemarin hingga pukul 12 hari ini, 415 di antaranya dinyatakan positif Covid-19. Atau sekitar 10 persen dari jumlah yang diperiksa. 

Sedangkan kasus yang sembuh bertambah 103 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia bertambah 8 orang. Angka kematian turun drastis dibandingkan kemarin, yang membukukan 22 orang.

Baca juga : Update Covid-19 di DKI: Positif 3.279 orang, Sembuh 286 orang

Secara akumulatif, total kasus positif Covid-19 di Tanah Air sudah menembus angka 9.511 orang. "Sementara yang sudah sembuh 1.254 orang, yang meninggal 773 orang," ujar Juru Bicara untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, lewat video streaming BNPB, Selasa (28/4).

Jumlah laboratorium punya peran penting untuk menggenjot angka spesimen yang diperiksa. Yurianto melaporkan, perhari ini sudah ada 48 laboratorium yang aktif tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga : Yang Sembuh Tambah Banyak, Angka Kematian dan Total Kasus Positif Turun Drastis

"Terdiri dari laboratorium yang ada di perguruan tinggi, di jajaran Kementerian Kesehatan, di laboratorium kesehatan daerah maupun di balai veteriner dan beberapa lagi di rumah sakit," sebutnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.