Dark/Light Mode

Bantu Cegah Penyebaran Covid-19

KBRI Washington DC Bagikan Ribuan Masker untuk Masyarakat Indonesia

Minggu, 10 Mei 2020 23:32 WIB
Tim Satgas Covid-19 KBRI Washington DC mempersiapkan masker yang akan dibagikan untuk Diaspora Indonesia. (Foto KBRI)
Tim Satgas Covid-19 KBRI Washington DC mempersiapkan masker yang akan dibagikan untuk Diaspora Indonesia. (Foto KBRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai salah satu upaya untuk membantu pencegahan pandemi Covid-19, sekaligus sebagai wujud kepedulian dan semangat gotong-royong, Kedutaan Besar Republik Indonesia/KBRI Washington DC memberikan bantuan ribuan masker kepada masyarakat, pelajar, dan diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS).

Inisiatif pemberian masker yang juga merupakan bagian dari program komprehensif KBRI Washington DC sebagai respons atas kondisi semakin terbatasnya ketersediaan masker di AS. Baik yang dijual langsung di toko maupun secara online.

Permintaan masker di Negeri Paman Sam itu melonjak drastis sejak merebaknya wabah virus corona dari Sars-Cov-2.

Baca juga : Tiba di Bandara Soekarno Hatta, Penumpang Jalani Rapid Test

“Sudah menjadi tugas dan komitmen kami untuk bersama-sama membantu masyarakat Indonesia di Amerika Serikat, terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini. Pemberian masker ini bertujuan untuk membantu melindungi kesehatan WNI, serta sejalan dengan kebijakan Pemerintah AS yang secara resmi merekomendasikan penggunaan masker di tempat-tempat umum maupun saat melakukan aktivitas di luar rumah,” ujar Wakil Duta Besar/Kuasa Usaha ad Interim KBRI Washington DC Hari Susanto.

Di antara masker yang dibagikan KBRI Washington DC tersebut ada yang motif batik,  diproduksi masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya. “Kami juga membeli masker-masker yang diproduksi masyarakat Indonesia di sini, sebagai salah satu upaya memberdayakan dan membantu perekonomian sebagian masyarakat kita yang terdampak,” terang Iwan. 

Pemberian masker tersebut melibatkan organisasi-organisasi masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya sebagai pusat pendataan penerima dan titik pendistribusian. “Kami bekerja sama erat dengan simpul-simpul masyarakat untuk pendataan dan pendistribusian," kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 KBRI Washington DC, Theodorus Satrio Nugroho.

Baca juga : Klik Logistics dan Trawlbens Bagi-bagi Sembako serta Masker untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

"Sebagian besar kita sampaikan secara langsung, namun untuk daerah yang jauh, seperti Richmond, Virginia, akan dikirimkan melalui pos,” imbuhnya.  

Hampir 2.000 masker dibagikan untuk sekitar 2.000 orang WNI dan Diaspora Indonesia yang tinggal di daerah-daerah sekitar Washington DC. "Karena langka sekali saat ini ketersediaannya, kami memilih masker berbahan kain agar dapat dipakai berulang untuk waktu yang cukup lama,” sambung Theo.

Inisiatif kegiatan pembagian masker tersebut mendapatkan apresiasi positif. Salah satunya adalah Sofi Danny, WNI yang berdomisili di Maryland.

Baca juga : KBRI Bandar Seri Begawan Bagi-bagi Sembako

“Alhamdulillah. Terima kasih sekali KBRI. Masker ini sangat bagus dan berguna. Pas sekali dengan kebutuhan kami sekarang ini,” ujarnya ketika menerima langsung bantuan masker di kediamannya.

Sejak wabah Covid-19 melanda AS, KBRI Washington DC telah melaksanakan sejumlah program yang bertujuan meringankan beban masyarakat Indonesia di wilayah DC, Maryland dan Virginia (DMV) yang terdampak. Selain pemberian masker, sebanyak 112 paket sembako sehat juga telah diberikan kepada para WNI terdampak sampai dengan periode April 2020.

Selain itu, guna memantau kesehatan para WNI lansia dan kelompok rentan, KBRI Washington, D.C. juga melakukan kegiatan pemantauan kesehatan berkesinambungan secara daring, memberikan bantuan alat pengukur suhu (termometer), serta melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan secara virtual bekerja sama dengan beberapa organisasi kemasyarakatan dan asosiasi profesi kesehatan di Indonesia, antara lain KOWANI, Pita Putih Indonesia, dan Ikatan Psikologi Klinis Indonesia. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.