Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Hungaria Judit Nemeth-Pach Rayakan Hari Eropa Secara Virtual

Senin, 11 Mei 2020 05:20 WIB
Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Nemeth-Pach. (Foto IST)
Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Nemeth-Pach. (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembatasan gerak dan imbauan di rumah saja tidak mengurangi kemeriahan perayaan Hari Eropa. Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Nemeth-Pach dan rekan sesama dubes negara-negara Eropa di Jakarta tetap merayakan hari bersejarah ini dengan semarak.

Perayaan yang digelar setiap 9 Mei ini dirayakan secara virtual dengan dibuka ucapan syukur dari Kepala Misi Uni Eropa di Jakarta Vincent Piket serta ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di portal YouTube milik perwakilan Uni Eropa.

“Jangan berhenti di pidato ucapan kepala perwakilan saja. Ada acara menarik lainnya yang bisa dinikmati,” ujar Nemeth- Pach di akun Facebook Kedutaan Besar Hungaria, Sabtu (9/5).

Baca juga : Anies Ogah Ngeramal Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir

Salah satu acara yang memeriahkan perayaan Hari Eropa di Indonesia adalah penampilan big band NusantEro. NusantEro adalah proyek besar kolaborasi para musisi dari 13 negara Uni Eropa seperti Hungaria, Belgia, Denmark, Jerman, Belanda dan Swedia serta 11 musisi Indonesia.

Pemain biola asal Hungaria, Helga Sedli, ikut mendukung proyek kolaborasi ini. NusantEro berhasil mengumpulkan ratusan ribu view di awal penampilan mereka. Jumlah penonton, yang mengakses penampilan mereka via unieropatube di YouTube pun terus bertambah saat mereka memainkan Beethoven’s 9th Symphony ‘Ode to Joy'.

Hari Eropa dirayakan setiap tahun untuk merayakan perdamaian dan persatuan di Eropa. Tanggal 9 Mei merupakan hari bersejarah kala Robert Schuman, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Pran- cis, mengeluarkan “Schuman Declaration”.

Baca juga : BPSDM Perhubungan Kukuhkan Petinggi Sekolah Transportasi Secara VirtualĀ 

Deklarasi tahun 1950 itu merupakan cikal bakal dibentuknya kerja sama politik negara-negara di Eropa. Berkat Schuman pula, Eropa jadi kompak di bawah Uni Eropa.

“Berkat deklarasi Schuman perang di Eropa merupakan hal yang tidak mungkin karena kita semua sudah sepakat untuk bersatu dan saling dukung,” ujar Nemeth-Pach.

Sejak saat itu, Uni Eropa menjadi organisasi antar negara di Benua Biru yang cukup disegani. Setiap tahunnya, di Indonesia, Hari Eropa dirayakan dengan sejumlah perayaan seperti diadakannya Festival Film Eropa, seminar dan workshop hingga malam resepsi Hari Eropa.

Baca juga : Juara GP Virtual, Leclerc Rayakan Kemenangan Dengan Masak Pasta

“Tahun ini, mari kita maknai Hari Eropa di rumah masing-masing,” ajaknya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.