Dark/Light Mode

Ini Koleksi 7 Rekor Dunia Guinness Milik Ratu Elizabeth

Sabtu, 16 Mei 2020 19:07 WIB
Ratu Elizabeth II bersama kuda-kudanya. Foto: @HORSE_NATION
Ratu Elizabeth II bersama kuda-kudanya. Foto: @HORSE_NATION

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratu Elizabeth II bukan sekadar Ratu Kerajaan Inggris yang bertahta selama 68 tahun. Ratu bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary Windsor ini ternyata mengantongi sejumlah rekor dunia Guinness.

Mulai dari pemimpin monarki dengan kekuasaan terlama di dunia hingga ratu terkaya di dunia, Ratu Elizabeth II memiliki tujuh gelar dunia.

Yang pertama adalah ratu tertua di Inggris. Pada 21 Desember 2007, Ratu Elizabth resmi dianugerahi gelar Guinness World Record sebagai ratu tertua di Inggris saat berusia 81 tahun dan 244 hari. Gelar ini sebelumnya dipegang nenek buyutnya, Ratu Victoria.

Baca juga : Antisipasi Corona, Dubes Gary Quinlan Ditarik Pulang ke Australia

Ratu Elizabeth juga dinobatkan sebagai ratu dengan masa memimpin terlama di dunia. Ratu Elizabeth mengambil tampuk kekuasaan pada 6 Februari 1952 setelah mendiang Raja George VI wafat. Pada ulang tahunnya yang ke-94 pada 21 April 2020, Elizabeth menjadi ratu dengan masa berkuasa terlama dengan durasi 68 tahun 75 hari. 

Ratu Elizabeth juga merupakan penguasa tertua di kerajaan yang ada di dunia. Sebelumnya, Ratu Elizabeth dikalahkan Raja Abdullah bin Abdulaziz al Saud dari Arab Saudi. Namun, setelah raja Abdullah wafat pada 2015, Ratu Elizabeth yang memegang gelar pemimpin tertua di kerajaan yang ada di dunia.

Selain Ratu Elizabeth II, pemimpin kerajaan lain yang memimpin dengan durasi terlama adalah Raja Louis XIV dari Prancis yang memimpin selama 72 tahun 110 hari, diikuti Raja Thailand Bhumibol Adulyadej Daei yang memimpin 70 tahun 126 hari dan Raja Johann II dari Liechtenstein yang berkuasa selama 70 tahun dan 91 hari.

Baca juga : Pangeran Harry Sekeluarga Lewatkan Natal dengan Ratu Elizabeth

Berdasarkan catatan Guinness World Record, Ratu Elizabeth merupakan pemegang rekor "individu yang menjadi kepala negara yang sah sebuah negara merdeka" terbanyak. Ratu Elizabeth mengepalai 16 negara. Ini menjadikannya sebagai wanita paling berpengaruh di dunia.

"Meski peran ratu hanya sebagai simbol saja, namun ada lebih dari 139 juta orang di 15 negara bagian dan Inggris yang mengakui dia sebagai Ratu," jelas Independent.

Ratu Elizabeth juga digelari sosok yang muncul pada mata uang dalam jumlah yang terbanyak, setidaknya pada mata uang 45 negara berbeda. Untuk itu, ia memegang rekor kemunculan terbanyak pada mata uang berbeda dengan individu yang sama.

Baca juga : Ini Solusi Penyelesaian Masalah Papua Menurut Bamsoet

Gelar terakhir yang disandang Elizabeth adalah ratu terkaya di dunia. Pada 2012, Ratu dianugerahi rekor ratu terkaya setelah pada 2010 Sunday Times mengestimasi kekayaannya mencapai 310 juta poundsterling atau sekitar Rp 5,7 triliun. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.