Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wellington Diguncang Gempa, PM Jacinda Ardern Masih Bisa Guyon

Senin, 25 Mei 2020 05:47 WIB
Wellington Diguncang Gempa, PM Jacinda Ardern Masih Bisa Guyon

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 5.8 mengguncang Ibu Kota Selandia Baru, Wellington, Senin (25/5).

Gempa yang berlangsung selama 30 detik ini sontak membikin panik warga Wellington. Mayoritas warga yang kala itu sedang berada di kantor dan di rumah, langsung berlindung di kolong meja, untuk memitigasi bencana.

Namun, tidak demikian halnya dengan PM Jacinda Ardern, yang saat itu tengah diwawancara dalam acara AMShow on Newshub, di Gedung Parlemen yang konstruksinya mirip sarang lebah.

Baca juga : Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa M7.3

PM Ardern tetap tenang. Ia bahkan mencoba berguyon. "Goyangan terasa cukup lumayan di sini. Jika Anda melihat sesuatu bergerak di belakang saya, itu artinya sarang lebah ini bergerak lebih banyak dibanding biasanya," selorohnya, seperti dikutip Reuters, Senin (25/5).

PM Ardern kemudian meyakinkan tuan rumah bahwa ia baik-baik saja, dan wawancara siap dilanjutkan. "Saya tenang karena tidak berada di bawah lampu gantung. Saya pun yakin berada di tempat yang aman secara struktur," ungkap PM Ardern, yang kemudian menyebut gempa itu bukanlah goyangan yang tak masuk akal.

Geonet yang merupakan lembaga pemantau gempa milik pemerintah Selandia Baru menyebut, gempa tersebut bermagnitudo 5.9 pada awalnya. Namun kemudian, dimutakhirkan menjadi 5.8.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Evaluasi PSBB: Mana yang Kebablasan, Mana yang Masih Kendor

Episenter gempa berkedalaman 37 km itu terletak di 30 km arah barat daya Levin, North Island. Dekat Wellington.

Layanan darurat di Wellington menyebut, tak ada laporan kerusakan yang ditimbulkan dari gempa yang diikuti sejumlah gempa susulan ini.

Melalui akun Twitter, jaringan transportasi publik Metlink mengatakan, seluruh perjalanan kereta di Wellington telah ditangguhkan, dan terus dipantau oleh para insinyur.

Baca juga : Melonguane, Sulut Diguncang Gempa Bermagnitudo 5,5

Selandia Baru terletak di wilayah Cincin Api atau Ring of Fire yang aktif secara seismik. Dalam cakupan busur pulau gunung berapi sepanjang 40.000 km dan parit samudera, yang mengelilingi Samudra Pasifik.

Kota Christchurch yang diguncang gempa pada tahun 2011, masih belum pulih sepenuhnya dari gempa bermagnitudo 6,3 yang menewaskan 185 orang.

Tahun 2016, terjadi gempa yang lebih besar Kota Pesisir Kaikoura, South Island. Gempa bermagnitudo 7.8 itu menewaskan dua orang dan menyebabkan kerusakan senilai miliaran dolar, termasuk di Wellington. Getaran itu dirasakan oleh sekitar 37.000 orang di aplikasi Geonet. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.