Dark/Light Mode

Indonesia Perkuat Pengembangan Kapasitas Palestina

Senin, 18 Februari 2019 21:08 WIB
Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto (gunting pita) saat pembukaan kantor baru Wafaa International di kota Ramallah
Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto (gunting pita) saat pembukaan kantor baru Wafaa International di kota Ramallah

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, Pemerintah Indonesia telah memberi dukungan pengembangan kapasitas masyarakat Palestina di berbagai bidang dengan total dana mencapai lebih dari 10 juta dolar AS atau sekitar Rp141miliar (1dolar= 14.10,54). Pengembangan kapasitas merupakan salah satu program Pemerintah Indonesia dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka. “Program pengembangan kapasitas bagi masyarakat Palestina juga merupakan bentuk komitmen Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan Agenda Pembangunan 2030,” kata Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina Andy Rachmianto ketika peresmian kantor Wafaa International di kota Ramallah, Palestina.

Menurut Dubes Andy, dengan keberadaan kantor Wafaa Internasional di Ramallah LSM kemanusiaan dan Pemerintah dapat bersinergi lebih kuat dalam penyaluran program untuk masyarakat Palestina.

Baca juga : KPK-Dubes Australia Bahas Pencegahan Korupsi Swasta & Pelacakan Aset

Pada kesempatan itu, Dubes Andy juga menyampaikan rencana tiga program penguatan kapasitas pada Maret 2019. Yakni: pelatihan di bidang Pemberdayaan Perempuan, E-procurement, dan Good governance.

Direktur Eksekutif Wafaa International, Mohesen Attawneh, menyampaikan apresiasi atas upaya Indonesia tersebut. Wafaa siap berkolaborasi dengan KBRI Amman, Yordania.

Baca juga : Kopi Indonesia Favoritnya Orang Rusia

Wafaa merupakan jaringan LSM internasional yang diinisiasi Pemerintah Indonesia pada 2008. Kini, Wafaa memiliki sejumlah kantor perwakilan di berbagai negara, seperti Inggris, Turki, Lebanon, Palestina, Austria dan Indonesia. Fokus kegiatan Wafaa di bidang penguatan kapasitas dan keuangan mikro bagi kelompok rentan, seperti perempuan, anak, dan penyandang disabilitas.

Pada 2017, Wafaa Palestina telah menyalurkan bantuan kepada lebih dari 2.000 warga Palestina dalam bentuk beasiswa pendidikan, kredit usaha, dukungan medis, penyediaan alat dukung bagi penyandang disabilitas, serta pembangunan energi ramah lingkungan.

Baca juga : Dubes Lyudmila Protes Penggunaan "Propagada Rusia"

Pembukaan kantor Wafaa di Ramallah merupakan bagian dari rangkaian kunjungan resmi Duta Besar RI Amman ke Palestina pada 10-13 Februari 2019. Kunjungan tersebut juga dimanfaatkan untuk mengisi perayaan 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Palestina yang jatuh pada 19 Oktober 2019. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.