Dark/Light Mode

Undip & FHNW Olten-Swiss Dorong Kerja Sama Pendidikan Vokasi

Senin, 25 Februari 2019 08:33 WIB
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Diponegoro dan University of Applied Sciences and Arts Northwestern Olten, di Swiss. (Foto KBRI Bern)
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Diponegoro dan University of Applied Sciences and Arts Northwestern Olten, di Swiss. (Foto KBRI Bern)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Diponegoro (Undip) dan Fachhochschule Nordwestschweiz (University of Applied Sciences and Arts Northwestern/FHNW) Olten, Swiss, sepakat bekerja sama mendorong pendidikan vokasi. Rektor Undip Prof Yos Johan Utama telah meneken Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama pendidikan vokasi dengan Prof Markus Freiburghaus, Kepala Bidang Pendidikan, Sekolah Bisnis FHNW. Penandatanganan itu disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D Hadad.

Pendidikan vokasi merupakan fokus utama Pemerintah RI untuk menghasilkan lulusan kompeten.  Kualifikasi yang cocok dengan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Swiss sebagai negara yang memiliki sistem pendidikan dan pelatihan vokasi (dual vocational education and training/dVET) terbaik di dunia, merupakan negara yang tepat untuk menjalin kerja sama.

Baca juga : Dubes Pakistan Galakkan Kerja Sama Pendidikan

MoU ini diharapkan menjadi jalan pembuka bagi kerja sama pendidikan vokasi antara Swiss dengan Indonesia. “Selanjutnya kami akan membicarakan rencana pertukaran pelajar dan perbandingan kurikulum di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro,” ujar Rektor Yos Johan Utama.

Dubes Muliaman D Hadad menyambut positif kerja sama itu mengingat reputasi dan komitmen Swiss dalam pengembangan pendidikan vokasi di dunia. 

Baca juga : Inflasi Terkendali Karena Kerja Sektor Pertanian Oke

“Kerja sama bilateral Indonesia-Swiss tengah diperkuat pada kerja sama bidang vokasi. Karena itu, kami terus mendorong agar kerja sama antar universitas di kedua negara menjadi lebih intens,” katanya dalam acara pekan lalu.

Dalam kunjungan ke Swiss, Rektor Universitas Diponegoro juga melakukan kunjungan kerja ke Association for Swiss International Development Initiatives (SITECO) di Zurich, serta ke International Management Institute (IMI) di Luzern untuk menjajaki kerja sama lebih lanjut terkait pendidikan vokasi. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.