Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Aplikasi Asal China Akan Diblokir Di Amerika

Kamis, 6 Agustus 2020 22:53 WIB
Menlu AS Mike Pompeo
Menlu AS Mike Pompeo

RM.id  Rakyat Merdeka - Amerika Serikat ( AS) mengancam memblokir aplikasi-aplikasi buatan China di ponsel AS. Hal ini merupakan bagian dari program Clean Network yang digagas Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo

Selain aplikasi China, program itu juga menyasar ponsel buatan China dan cloud service yang diklaim membahayakan keamanan nasional. 

Pompeo mengatakan, AS hendak memblokir aplikasi China yang tidak terpercaya dari App Stores dan ponsel-ponsel buatan AS. 

Baca juga : Seruan Lawan Covid Akan Digemakan 5 Kali Sehari Dari Masjid

"Dengan perusahaan induk yang berbasis di China, aplikasi seperti TikTok, WeChat, dan lainnya adalah ancaman signifikan terhadap data pribadi warga Amerika," kata Pompeo, Kamis (6/8). 

Menlu AS ini menambahkan, Paman Sam juga akan memblokir aplikasi pra-instal buatan Amerika atau aplikasi unduhan lainnya, di ponsel buatan China dan peralatan nirkabel Huawei serta produsen lainnya. 

"Kami tidak mau perusahaan terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia Huawei atau aparat pengawasan Partai Komunis China," ucapnya. 

Baca juga : Atase Pertahanan Bukan Di Bawah Kemenhan

Pompeo lalu menuturkan, pemerintahnya juga akan membatasi kemampuan penyedia layanan asal China, untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data sensitif di AS. 

Secara khusus dia menyebut nama raksasa teknologi China yakni Alibaba, Baidu, dan Tencent. 

Pengumuman dari Pompeo ini muncul dua hari setelah Presiden AS Donald Trump mendesak ByteDance untuk menjual operasional TikTok di AS, dan jika menolak akan ditutup sepenuhnya di AS pada pertengahan September. [KRS
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.