Dark/Light Mode

Peringati Kemerdekaan RI, 45 Pesepeda Kayuh 17,8 KM di Belanda

Senin, 17 Agustus 2020 22:16 WIB
Para pesepeda dari KBRI Den Haag dan WNI yang mengayuh untuk memperingati HUT RI. (Foto: Dok. KBRI Den Haag)
Para pesepeda dari KBRI Den Haag dan WNI yang mengayuh untuk memperingati HUT RI. (Foto: Dok. KBRI Den Haag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa pandemi tidak menyurutkan jiwa kebangsaan dan semangat WNI di Belanda untuk menyambut HUT ke-75 RI. Pada Sabtu (15/8), 45 pesepeda KBRI Den Haag dan masyarakat Indonesia di Belanda bersepeda santai sejauh 17,8 kilometer. Jarak yang ditempuh dan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut secara simbolis mencerminkan tanggal Kemerdekaan RI yang diperingati Senin (17/8).

Perjalanan mengambil rute dari Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) menuju Taman Vlietland, Leidschendam dan kembali ke SIDH. Kegiatan sepeda santai ini juga diikuti pesepeda pasangan Diego Yanuar dan Marlies Fennema, yang tahun lalu berhasil melakukan perjalanan bersepeda dari Belanda ke Indonesia dengan menempuh 23 negara selama 11 bulan yang mereka namakan kegiatan "Everythinginbetween".

Baca juga : Kado Kemerdekaan RI, 157 Napi Tarutung Dapat Remisi

Setelah peserta kembali ke SIDH, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan setempat, kemeriahan acara dilanjutkan dengan diadakannya lomba pemilihan kostum terunik dan lomba sepeda lambat untuk anak-anak dan dewasa.

Rangkaian kegiatan HUT RI di Belanda telah dimulai sejak Juli, saat 17 Pejabat dan Staf KBRI bersepeda sejauh 30 kilometer dari Den Haag menuju Neuwe Kirk, Delft, dengan mengenakan kostum bernuansakan merah putih. Selain itu, telah diadakan pula lomba untuk anak-anak pada Juli yang sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

Baca juga : Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

Puncak kegiatan dilakukan hari ini, Senin (17/8) waktu setempat. Pejabat KBRI mengikuti live streaming Upacara HUT RI dari Istana Merdeka dan dilanjutkan dengan melaksanakan Upacara Penaikan Bendera di Wisma Duta Besar RI, Wassenaar secara sangat terbatas dan disiarkan secara langsung di akun youtube KBRI Den Haag. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.