Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kado Kemerdekaan RI, 157 Napi Tarutung Dapat Remisi

Senin, 17 Agustus 2020 20:10 WIB
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyerahkan SK Menhumkan tentang Pemberian Remisi Kepada Napi  di lapangan mini Rutan Tarutung, Senin, (17/8).
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyerahkan SK Menhumkan tentang Pemberian Remisi Kepada Napi di lapangan mini Rutan Tarutung, Senin, (17/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Hari Kemerdekaan ke-75 RI, sebanyak 157 narapida di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tarutung mendapat remisi. 

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menhumkan tentang Pemberian Remisi Kepada Narapida di lapangan mini Rutan Tarutung, Senin, (17/8).

Baca juga : Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

SK remisi ini diberikan secara simbolis kepada 3 orang warga binaan wanita pada rutan kelas IIB Tarutung.

Dalam keterangan tertulisnya, Bupati mengatakan, keputusan remisi dituangkan dalam keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor PAS-923.PK.01.01.02 tahun 2020 yang ditandantangani Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Reynhard Silitonga.

Baca juga : Mantan Napi Teroris Diundang Upacara Agustusan

"Sebagai bangsa yang besar dan beradab wajib memberikan perlakuan yang baik terhadap warga binaan. Pemberian remisi merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak-hak yang mestinya dihormati dan dipenuhi karena warga binaan sebenarnya hanya kehilangan kebebasan, bukan kehilangan hak-hak lainnya," kata Nikson mengutip pesan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly saat upacara pemberian remisi di halaman Rutan Tarutung., Senin (17/8).

Dalam arahannya, Nikson menekankan bahwa pemberian remisi bukan hanya dimaknai sebagai pemberian hak warga binaan pemasyarakatan, tetapi lebih dari itu, yakni pencapaian yang dilakukan oleh warga binaan selama menjalani pembinaan.

Baca juga : Pramono: Mari Melangkah Bersama Majukan Indonesia

"Pemberian remisi ini juga merupakan apresiasi oleh negara atas pencapaian yang telah dilakukan selama masa pembinaan. Warga binaan diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan dan menjadi individu yang berdikari serta mandiri," ujar Bupati.

Setelah upacara HUT Ke-75 RI, Nikson menyempatkan diri untuk melihat hasil kerajinan warga binaan berupa ulos tenun hingga pernak-pernik berbahan kayu yang terpajang di sisi lapangan. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.