Dark/Light Mode

Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

Senin, 17 Agustus 2020 17:58 WIB
Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Tokopedia menggelar Tokopedia Play Fest secara virtual di kanal video streaming Tokopedia Play untuk merayakan HUT ke-11 Tokopedia, sekaligus memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia (17/8). 

Tokopedia Play Fest terdiri dari sejumlah talk show bersama para pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang, salah satunya Pendiri Dua Coffee, Omar Karim Prawiranegara, Pemilik Dewa Collection Bali, Dewanti Amalia Artasari dan Pendiri Jakcloth, Ucok Nasution, dibawakan Host sekaligus Pendiri Damn! I Love Indonesia, Daniel Mananta, bertemakan ‘Find Your New Spirit During a Pandemic’.

Baca juga : Pramono: Mari Melangkah Bersama Majukan Indonesia

Omar mengatakan bahwa penjualan online kini menjadi tulang punggung bisnis di tengah pandemi. Sekitar 80 persen penjualan produk Dua Coffee, seperti biji kopi hingga kopi literan, datang dari Tokopedia. Dua Coffee juga berinovasi menghadirkan produk makanan siap saji dan camilan.

Amalia juga mengungkapkan bahwa Tokopedia sangat membantu Dewa Collection Bali tetap beroperasi di situasi ini. Ia bahkan harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online di tengah pandemi, yang mencapai lebih dari 5x lipat. Amalia kini mempekerjakan lebih dari 30 pengrajin benang dan terus berharap bisa membuka lapangan pekerjaan untuk lebih banyak masyarakat.

Baca juga : Kemerdekaan, Membaca dan Bangsa Pembelajar

Dalam kesempatan yang sama, Ucok selaku Pendiri Jakcloth, sudah dua kali menggelar bazar fesyen lokal virtual di Tokopedia. Ucok berharap, kolaborasi antara bisnis offline dan online seperti ini bisa membantu membangkitkan perekonomian Indonesia, salah satunya lewat industri fesyen lokal.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyatakan, “Dengan konsisten memberikan panggung luas bagi para pegiat usaha lokal, salah satunya melalui Tokopedia Play Fest, kami ingin lebih banyak lagi masyarakat yang bangga buatan Indonesia.”

Baca juga : Bangkitkan Semangat Kemerdekaan, LPP RRI Gelar Malam Apresiasi Puisi

“Kami juga berharap semakin banyak UMKM yang tergerak memanfaatkan teknologi demi mempertahankan bisnis sekaligus berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi yang saat ini terdampak pandemi,” tutupnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.