Dark/Light Mode

Dimeriahkan Jaya Suprana

Sabtu, Ikutan VIF di Houston Texas, Yuk!

Jumat, 21 Agustus 2020 10:26 WIB
Sabtu (22/8/2020), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) akan menggelar Virtual Indonesian Festival (VIF). [KJRI Houston, Texas]
Sabtu (22/8/2020), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) akan menggelar Virtual Indonesian Festival (VIF). [KJRI Houston, Texas]

RM.id  Rakyat Merdeka - Sabtu (22/8/2020) besok, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) akan menggelar Virtual Indonesian Festival (VIF).

Acara ini dilaksanakan bekerjasama dengan Indonesian Chamber of Commerce Southeastern Central USA (IACC-SCU). Demikian pernyataan resmi dari KJRI Houston yang diterima RMco.id.

VIF merupakan ajang promosi perdagangan, pariwisata, investasi dan budaya Indonesia di 10 Negara bagian wilayah kerja KJRI Houston, yaitu Alabama, Arkansas, Florida, Georgia, Louisiana, New Mexico, Mississippi, Oklahoma, Tennessee, Texas, US Virgin Island, Puerto Rico, serta negara bagian lainnya di AS.

Baca juga : Pesan Try Sutrisno, Patriotisme Harus Terus Dipupuk

Acara VIF akan diramaikan dengan virtual talks dan bazaar, guna memperkenalkan produk dalam negeri dan pertunjukkan tari, musik, peragaan busana, serta kuliner Nusantara kepada masyarakat setempat di dalam dan di luar wilayah kerja KJRI Houston di Amerika Serikat.

Semula, festival ini diselenggarakan setiap tahun secara fisik di Houston. Namun mengingat kondisi yang tidak memungkinkan akibat pandemi COVID-19, maka festival diadakan secara virtual.

Peserta VIF 2020 ini akan melibatkan kalangan pemerintah, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM. Termasuk kalangan pengusaha dari Indonesia dan Amerika Serikat.

Baca juga : Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Shalat Idul Adha di Halaman Wisma Bayurini

Adapun berbagai produk Indonesia yang dipromosikan di VIF ini antara lain, Apparel, Fashion, Food, Craft, Service, serta produk lainnya. VIF merupakan wadah yang tepat untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang sedang merintis usaha/bisnis ke luar negeri maupun pengembangan usaha expor dan impor dengan AS.

Jaya Suprana, pianis, Presiden Direktur Jamu Jago, dan CEO Museum Rekor Indonesia (MURI), juga akan turut memeriahkan VIF kali ini dengan permainan pianonya, mengiringi tarian yang sangat erat kaitannya dengan nuansa Jawa dan jamu, yang juga akan dipromosikan kepada publik Amerika Serikat.

Juga akan ada penyanyi kondang tanah air Vina Panduwinata, Ikang Fawzi, dan musisi James F. Sundah. Tak ketinggalan Chintami Atmanegara, yang juga akan menampilkan busana rancangannya dalam peragaan busana, serta banyak lagi pertunjukan menarik dari Indonesia maupun dari masyarakat Indonesia di berbagai negara bagian di AS yang mempunyai talenta di bidang musik dan tari.

Baca juga : Hebat, Wali Kota Houston Pimpin Demo Rasial

VIF akan dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar. Menurut Konjen RI, Nana Yuliana, total volume perdagangan Indonesia–AS periode Januari hingga Mei 2020 mencapai sebesar 9,66 milyar US dollar, dengan posisi surplus di pihak Indonesia sebesar 4,5 milyar dolar AS.

Festival ini menjadi menarik karena vendors dan pengunjung akan dipertemukan secara tanpa batas (borderless) waktu dan jarak. Pengunjung Festival diperkirakan hadir sekitar 1.000 viewers yang mengikuti VIF ini melalui Zoom, You Tube & Facebook live.

Anda juga mengikuti VIF 2020 melalui Facebook @kjrihouston, @annualindonesianfestival, Youtube: KJRI Houston dan Zoom: https://bit.ly/VirtualIndonesianFestival. PYB

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.